Ilmuan Dunia Penasaran dengan Oarfish, Ikan Kiamat yang Diduga Muncul Sebelum Gempa

Ilmuan Dunia Penasaran dengan Oarfish, Ikan Kiamat yang Diduga Muncul Sebelum Gempa

Ikan Berjenis Oarfish-Foto : www.popmama.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Ikan oarfish sempat diberi nama julukan ikan kiamat penyebabnya adalah dua hari setelah kemunculan ikan tersebut terjadilah gempa magnitudo berkekuatan 4,4 magnitudo yang menguncang Los Angeles, Amerika Serikat.

Kemunculan ikan oarfish itu ditemukan dalam keadaan mati dan mengambang oleh para pendayung di lepas pantai California pada 10 Agustus 2024 lalu.

Lalu, oarfish ini dibawa oleh para pendayung ke fasilitas badan ilmiah dan regulasi AS, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) untuk bisa dicari penyebab kematiannya.

BACA JUGA:Digelar Selama 3 Hari, Perputaran Ekonomi di West Java Festival 2024 Capai Rp70 Miliar

BACA JUGA:Jimus Dikabarkan Merapat Ke Hj Wahyu Tjiptaningsih, Bejo Kasiyono: Kita Kroscek Dulu

BACA JUGA:Beri Arahan ke Generasi Muda, Kapolresta Cirebon Lakukan Penyuluhan di SMAN 1 Palimanan

Berdasarkan keterangan Scripps Institution of Oceanography, maka pada 16 Agustus 2024, tim ilmuwan dari California State University Fullertoon dan NOAA Fisheries' Southwest Fisheries Science Centre berhasil meneliti dan melakukan autopsi untuk mengetahui lebih lanjut terkait penyebab oarfish ini bisa meninggal.

"Penemuan langka ini memberikan kesempatan luar biasa untuk mengetahui lebih banyak tentang spesies ini dan bagaimana ia hidup," kata Ben Frable, seorang ahli iktiologi dikutip dari NDTV.

"Kami beruntung memiliki komunitas peneliti yang besar dan koleksi kelas dunia yang bergerak cepat untuk meneliti dan melestarikan ikan ini," lanjutnya.

BACA JUGA:Aplikasi Dagangan, Mudahkan Warung Kelontong Mengulak Stok Barang

BACA JUGA:Cetak Sejarah, Timnas Indonesia U-20 Menang Atas Argentina 2-1

Pada saat ditemukan tewas oleh para pendayung dan dibawa ke fasilitas ilmiah untuk diperiksa, ternyata ikan ini berjenis kelamin jantan dewasa, yang memiliki ukuran panjang sebesar 3,735 meter dan berat 33,7 kilogram.

Ikan memiliki bentuk tubuh yang tidak biasa, warna keperak perakan, tidak bersisik panjang, tidak memiliki pita berbintik gelap dan punya sirip punggung yang menjulur dari atas bagian kepala berbentuk puncak dan berwarna merah.

Menurut mitos yang beredar, ikan ini dikenal sebagai Ryugo no tsukai yang memiliki arti pembawa pesan dari istana dewa laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: