Perumda Pasar Berintan Optimis Target PAD Tetap Tercapai

Perumda Pasar Berintan Optimis Target  PAD Tetap Tercapai

CIREBON – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Berintan tengah mengalami penurunan pendapatan dalam dua bulan terakhir. Kendati demikian, di akhir tahun target pendapatan asli daerah (PAD) tetap diupayakan tercapai.

Direktur Utama Perumda Air Minum, Sofyan Satari SE MM menyampaikan, target PAD yang dibebankan kepada Perumda Air Minum sebesar Rp2,1 miliar. Saat ini, perusahaan memang tengah mengalami penurunan pendapatan.

Untuk bulan April, pendapatan tercatat turun 20 persen. Sedangkan pada Mei, karena ada perpanjangn WFH kemungkinan penurunan pendapatan 30 persen.

“Banyak yang menggunakan air PDAM adalah restoran, mal dan hotel. Ketika restoran banyak tutup dan hotel tutup maka pendapatan kami menjadi menurun,” tandasnya.

Adapun diskon untuk pelanggan di tengah pandemi corona, pria yang akrab disapa Opang ini masih belum bisa memberikan jawaban. Mengingat pihaknya masih menunggu kebijakan dari pemerintah karena berkaitan dengan besaran subsidi yang ditanggung pemerintah dan risiko yang didapatkan ketika PDAM Kota Cirebon mengalami kerugian.

“Saat ini tarif kami menganut tarif subsidi silang, dimana yang kuat mensubsidi yang lemah. Dalam hal ini industri dan niaga mengyubsidi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah,” kata Opang.

Dijelaskan Opang, karena sebagian besar industri dan niaga mengurangi jam operasionalnya bahkan melakukan penutupan karena virus corona, pendapatan PDAM mengalami penurunan drastis. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: