Pandemi Covid 19, Ziarah Makam Sepi

Pandemi Covid 19, Ziarah Makam Sepi

MAJALENGKA – Masyarakat muslim di Majalengka tetap mempertahankan tradisi ziarah ke makam Giriwalungan di Kelurahan Majalengka Wetan, Kamis (23/4). Namun bedanya, tahun ini ziarah makam tidak seramai biasanya karena pandemi corona.

Sambil mengenakan masker, para peziarah datang membawa bunga ziarah dan buku doa. Salah seorang peziarah asal Kelurahan Babakan Jawa, Aan (56) mengatakan, dirinya memang sudah terbiasa mengunjungi makam orang tuanya ketika menjelang Ramadan.

Namun, dirinya merasakan perbedaan di banding tahun-tahun sebelumnya di tengah pandemi Covid-19 ini. Jika tahun sebelumnya sebelum Ramadan warga banyak berziarah ke makam, tetapi tahun ini tampak sepi akibat wabah Covid-19 ini.

Peziarah lainnya, Eko (43) menyampaikan dirinya sudah membiasakan diri bersama istri untuk berziarah dan membersihkan makam mertuanya yang sudah meninggal dunia.

Saat berkunjung ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) cukup banyak perbedaan, selain kondisi sepi, para peziarah juga terpantau mengenakan masker saat membersihkan makam dan berdoa.

Sementara, penjaga makam TPU Giriwalungan, Suryono (63) menjelaskan tidak begitu signifikan perbedaan pengunjung di tahun sebelumnya di tengah pandemi Covid-19.

Apalagi, Kamis (23/4) kemarin merupakan hari terakhir sebelum memasuki bulan puasa yang jatuh pada hari ini, Jumat (24/4).

\"Masih ada pengunjung,\" jelasnya. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: