Bila Benar Kim Jong Un Meninggal Dunia, Ini Daftar Penggantinya

Bila Benar Kim Jong Un Meninggal Dunia, Ini Daftar Penggantinya

JAKARTA - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dikabarkan meninggal dunia. Spekulasi pengganti sang diktator kian kencang berhembus seiring spekulasi masalah kesehatan yang dihadapi supreme leader.

Korea Utara tidak pernah memublikasikan siapa yang akan menggantikan Kim Jong Un jika ia tak mampu memimpin. Namun, para analis mengatakan, adik perempuannya dan para loyalis dapat mengambil alih tampuk kepemimpinan sampai ada penerus yang cukup tua untuk mengambil alih.

Kim Yo Jong
Adik perempuan Kim Jong Un, menjabat Direktur Komite Sentral Partai Buruh yang berkuasa tetapi secara tidak resmi juga menjadi kepala staf kakaknya.

Dia diangkat sebagai anggota pengganti dari Komite Sentral Politbiro kuat Partai Buruh yang berkuasa awal bulan ini, melanjutkan peningkatan kariernya dalam hierarki kepemimpinan.

Choe Ryong Hae
Kepala negara nominal Korut tahun lalu, dan menjadi Presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi.

Kim Jong Chol
Kakak Kim Jong Un tetapi belum menjadi bagian dari kepemimpinan Korut. Sebaliknya ia menjalani kehidupan yang tenang dengan memainkan musik, kata Thae Yong Ho, mantan wakil duta besar Korea Utara di London yang membelot ke Korea Selatan.

Anak Kim Jong Un
Kim Jong Un diyakini memiliki tiga anak dengan Ri Sol Ju. Anak bungsunya lahir pada tahun 2017, menurut Intelijen Nasional Korea Selatan.

Anak tertua adalah putra berusia 10 tahun, yang berarti salah satu dari ketiganya akan membutuhkan bantuan kerabat atau wali politik mereka jika ingin menjadi pemimpin keturunan generasi keempat.

Kim Jong Il telah dipersiapkan selama 20 tahun untuk memimpin negara, sementara Kim Jong Un hanya memiliki waktu lebih dari setahun karena kematian mendadak ayahnya akibat stroke. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: