Bagi yang Ingin Memberikan Bantuan Terkait Covid-19, Berdayakan Jasa Transportasi

Bagi yang Ingin Memberikan Bantuan Terkait Covid-19, Berdayakan Jasa Transportasi

CIREBON - Wakil walikota Cirebon Eti Herawati mengapresiasi peningkatan rasa sosial dan kepedulian yang ditunjukkan berbagai elemen masyarakat dan lembaga, di tengah mewabahnya Corona virus Disease (Covid-19). Eti menyadari berbagai sektor ikut terdampak, bukan hanya kesehatan tapi ekonomi dan sosial masyarakat.

Eti mengimbau dalam masa social distancing ini, jika ada lembaga pemerintah maupun swasta yang tergerak untuk memberikan bantuan sosial buat masyarakat maupun perlengkapan APD bagi tenaga medis, agar bisa memberdayakan sektor jasa transportasi. Misalnya, didistribusikan melalaui ojek online maupun ojek pangkalan, melalaui sopir angkot, atau melalui tukang becak.

Hal itu bertujuan agar selain membantu meringankan beban sosial dan tenaga medis, pendistribusian bantuan dengan pola semacam ini juga diharapkan dapat memberdayakan sektor jasa transportasi di Kota Cirebon, yang memang akhir-akhir ini menurun akibat covid-19.

“Saya kira dalam pendistribusian bantuan APD bagi tenga medis maupun logistik bagi unsur masyarakat lainnya, agar bisa menggandeng jasa angkutan umum. Untuk menggerakan sektor jasa transportasi yang saat ini saya lihat juga terdampak,” ujarnya.

Menurutnya, penyaluran bantuan dengan cara ini, selain menerapkan social distancing, manfaat dari donasi yang diberikan tersampaikan kepada tujuannya.
Bahkan, dengan memanfaatkan jasa penyedia transportasi juga akan memberikan penghasilan tambahan kepada para pelaku sektor transportasi.

Sehingga menurutnya, donasi yang diberikan oleh pihak donatur punya manfaat ganda terhadap sasaran. Baik bagi penerima bantuan maupun pelaku usaha sektor jasa transportasi. (azs)

Azis Muhtarom/Radar Cirebon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: