Umat Jangan Pasrah dan Diam, Perbanyak Amalan untuk Raih Rahmat di 10 Hari Pertama Bulan Ramadan

Umat Jangan Pasrah dan Diam, Perbanyak Amalan untuk Raih Rahmat di 10 Hari Pertama Bulan Ramadan

CIREBON - Ramadan menjadi salah satu bulan yang paling ditunggu-tunggu seluruh umat muslim di dunia. Meski tahun ini sedikit berbeda, karena adanya wabah Covid-19, bukan berarti tidak melaksanakan amalan yang dianjurkan selama bulan puasa ini.

Selain menjalankan puasa wajib, masih banyak amalan lain yang bisa dilakukan umat Islam. Ketua Attaqwa Islamic Centre, Dr H Ahmad Yani MAg mengungkapkan, di dalam bulan Ramadan dibagi dalam tiga fase, yakni 10 hari pertama, 10 hari kedua dan 10 hari ketiga.

Menurutnya, 10 hari pertama Ramadan menjadi sangat penting. Sebab menjalankan puasa di 10 pertama Ramadan, umat Islam yang melaksanakanya akan mendapatkan curahan rahmat.

“Pada 10 hari pertama bulan Ramadan memiliki keutamaan, yakni Allah SWT membukan pintu rahmat yang sebesar-besarnya bagi hamba-Nya yang telah sabar dan ikhlas dalam menunaikan puasa selama 10 hari pertama di bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” tuturnya kepada Radar Cirebon.

Adanya wabah Covid-19, lanjut dosen IAIN Syekh Nurjati Kota Cirebon ini, hendaknya tidak menjadikan umat Islam pasrah dan berdiam diri. Banyak hal yang bisa dilakukan, seperti mengamalkan sunah demi mendapatkan keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadan.

\"Meskipun akibat adanya wabah Covid-19, membuat pelaksanaan salat Tarawih tidak dilakukan secara berjamaah di masjid, namun masyarakat hendaknya melaksanakan salat tarawih di rumahnya masing-masing,” tuturnya.

Selain itu, kata Ahmad Yani, umat Islam bisa melakukan tadarus Alquran juga dapat dengan mudah dilakukan. Meskipun di beberapa tempat, lazimnya melakukan tadarus Alquran di masjid, namun pada dasarnya tadarus quran bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Melakukan tadarus Alquran dari rumah, sebutnya, juga dianjurkan oleh nabi. Bahkan, tadarus Alquran di rumah akan dapat menerangi rumah pemiliknya.

\"Selain itu, memperbanyak zikir dan doa serta melaksanakan salat berjamaah dengan keluarga juga bisa menjadi rutinitas demi memperoleh rahmat Allah di 10 hari pertama bulan Ramadan ini,” pungkasnya. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: