Pemerintah Diminta Bantu PTS Kecil Terdampak Covid-19

Pemerintah Diminta Bantu PTS Kecil Terdampak Covid-19

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI) Budi Djatmiko memperkirakan, bakal banyak mahasiswa yang putus kuliah karena terdampak pandemi Covid-19.

\"Akan semakin banyak mahasiswa yang putus kuliah. Saya menerima laporan itu hampir setiap hari. Khususnya, mahasiswa yang terdampak terutama di perguruan tinggi swasta kategori kecil. Alasannya, kebanyakan mahasiswa berasal dari keluarga tidak mampu, yang terganggu perekonomiannya karena pandemi Covid-19,\" katanya.

Budi menyebutkan, berdasarkan laporan yang diterima, PTS yang terdampak paling banyak di Pulau Jawa. Yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

\"Secara umum, Pulau Jawa memiliki masalah besar. Karena di wilayah itu paling banyak kasus positif Covid-19, sehingga pemerintah daerahnya sangat protektif, masyarakatnya tidak bekerja dan tidak mendapatkan penghasilan,\" ungkapnya.

Untuk itu, Budi mengaku sudah meminta rektor PTS untuk memberikan kemudahan pada mahasiswa yang berasal dari golongan tidak mampu. Apalagi saat ini, mahasiswa sedang menghadapi ujian akhir semester.

\"Saya sudah meminta rektor-rektor untuk memperbolehkan mahasiswanya yang kesulitan keuangan, untuk tetap mengikuti ujian secara daring,\" pungkasnya. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: