Kepolisian Evakuasi Korban Virus Corona

Kepolisian Evakuasi Korban Virus Corona

CIREBON – Di tengah pandemi covid-19, bentuk penanganan dan penyelamat bancana alam kini berbeda. Hal itu semata-mata dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 kepada anggota yang bertugas dalam penanganan bencana alam.

Oleh karenanya, untuk mengantisipasi hal itu, Polresta Cirebon menggelar simulasi penanganan korban bencana alam di tengah pandemi virus corona (Covid-19) di depan Mako Polresta Cirebon, Kamis (30/4).

Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi melalui Kasubag Humas Iptu M Soleh mengatakan, kegiatan simulasi itu dilakukan anggota Sat Sabhara Polresta Cirebon, didampingi Urkes Polresta Cirebon. Simulasi itu, sebagai bekal Sat Sabhara dalam menangani atau mengevakuasikan korban bencana alam.

\"Simulasi ini digelar untuk melatih personel yang tergabung dalam Tim Sabhara Polresta Cirebon tentang tata cara mengurus jenazah korban bencana alam, di tengah wabah Covid 19,\" papar Kasubag Humas.

Kasubag menjelaskan, dalam simulasi ini memperagakan berbagai tahapan. Mulai dari korban meninggal ketika terjadi bencana alam, hingga proses pembungkusan jenazah yang menggunakan plastik dan penyemprotan cairan disinfektan.

Menurutnya, simulasi yang sudah diperagakan itu sesuai standar yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan dan WHO, mulai dari pemasangan garis polisi, pemakaian alat pelindung diri sesuai standar WHO, hingga pembungkusan jenazah dengan menggunakan plastik. 

\"Yang kita praktikan, mulai dari pemakaian alat pelindung diri hingga pembungkusan plastik, semua sudah standar dari WHO,\" ungkapnya.

Simulasi yang dilakukan Polresta Cirebon merupakan langkah yang dilakukan untuk meminimalisir penularan Covid-19, terhadap para anggota Polresta yang bertugas dan kontak langsung di lapangan.

“Simulasi ini untuk memudahkan tim yang terlibat saat menangani jenazah jika terjadi nantinya. Kemudian setelah dilakukan sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan,\" pungkasnya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: