Pencuri Dana Desa Tertangkap, Begini Tanggapan Kuwu Desa Kubang

Pencuri Dana Desa Tertangkap, Begini Tanggapan Kuwu Desa Kubang

CIREBON - Dua dari empat pencuri dana desa milik Pemerintah Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, berhasil tertangkap Tim Khusus Gabungan Polres Cirebon Kota dan Ditreskrimum Polda Jabar.

Wawan Karyawan, Kuwu Desa Kubang mengaku senang dua dari empat pelaku pencuri dana desa sudah tertangkap. \"Saya apresiasi setinggi-tingginya terhadap kinerja kepolisian dari Polres Ciko dan Polda Jabar yang berhasil menangkap pelaku pencurian uang dana desa kami. Saya ucapkan terima kasih kepada Polres Cirebon dan Polda Jabar,\" ujar Wawan, kepada Radar Cirebon, Minggu (3/5/2020).

Ditanya soal penggantian uang, Wawan Karyawan menuturkan, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Pemkab Cirebob. \"Soal itu saya masih tunggu instruksi pimpinan yang membidangi adalah inspektorat atas perintah bapak bupati. Jadi keempat perangkat desa yang saat itu ikut belum melakukan penggantian,\" katanya.

Mereka yang ditangkap adalah AS (48) warga Baleendah Kabupaten Bandung dan HS (51) warga Antapani Kota Bandung. Sementara 2 pelaku lainnya yakni F alias S warga Yogyakarta dan T alias D warga Lubuk Linggau Sumatera Selatan masih diburu dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Cirebon Kota (Ciko) dan Polda Jawa Barat.

Tersangka HS terpaksa dihadiahi timah panas polisi (tembak) pada kakinya saat melawan akan ditangkap Timsus gabungan Polres Ciko di daerah Antapani, Kota Bandung, Kamis (30/4). Sedangkan tersangka AD ditangkap Tim Ditreskrimum Polda Jabar kemudian diserahkan ke Satreskrim Polres Ciko, Rabu dinihari (29/4) sekitar pukul 02.30 WIB.

Adapun barang bukti yang diamankan berupa 1 buah cincin alat yg digunakan untuk memecah kaca, 2 unit sepeda motor yg digunakan pada saat melakukan kejahatan.

\"Kedua tersangka dijerat Pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan. Adapun ancaman hukumannya 7 tahun penjara. Kami masih mengejar dua pelaku lainnya yang masih buron,\" ujar Kasat Reskrim Polres Cirebon AKP Deny Sunjaya didampingi Kasubag Humas Iptu Ngatija. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: