Sejumlah Negara Mulai Longgarkan Lockdown

Sejumlah Negara Mulai Longgarkan Lockdown

“Tidak ada penularan di tengah masyarakat yang meluas dan tidak terdeteksi di Selandia Baru,” kata Ardern. “Kita telah memenangkan pertempuran itu.”

Sementara Negara bagian terpadat Australia, New South Wales (NSW), mulai melonggarkan kuncian (lockdown) dan membuka kembali pantai-pantainya di tengah pengujian luas untuk membantu agar penurunan kasus baru tetap bertahan.

Menteri Kesehatan Greg Hunt mengatakan, Australia mencatat hanya satu kasus Covid-19 baru dari sumber yang tidak diketahui dalam 24 jam terakhir pada Selasa (28/4), menunjukkan bahwa penularan komunitas hampir berhenti. Dia menyatakan bahwa saat ini Australia tengah unggul dalam peperangan melawan virus Corona.

\"Kita meraih kemenangan, tetapi kita belum menang,\" katanya sebagaimana dilansir Reuters pada Selasa.
Melansir dari Channel News Asia, longgarnya lockdown di Malaysia pada Senin, 4 Mei menimbulkan keramaian di beberapa titik di kota Melaka, salah satunya pasar dan pusat perbelanjaan.

Pemerintah Malaysia tengah menerapkan kebijakan yang diberi nama Perintah Kontrol Gerakan Bersyarat (PKGB), guna mengganti Perintah Kontrol Gerakan (PKG). Aturan baru ini, memperbolehkan toko dibuka kembali dan para warga diperbolehkan mengendarai mobil pribadi dengan batas maksimal 4 orang.

Prancis berencana melonggarkan karantina wilayah pada 11 Mei. Anak-anak direncanakan untuk kembali ke sekolah secara bertahap, beberapa bisnis akan dibuka kembali, dan orang-orang akan dapat melakukan perjalanan dalam jarak 100 kilometer dari rumah mereka tanpa perlu membawa dokumen resmi yang menjelaskan maksud pergerakan mereka.

Namun, pada hari Minggu, Menteri Kesehatan Olivier Veran mengatakan kebijakan itu akan tergantung pada penurunan jumlah infeksi baru, terutama di daerah yang paling parah terkena dampak seperti wilayah Paris dan timur laut Perancis.

Spanyol mencatat angka kematian terendah dalam kurun waktu 1,5 bulan terakhir. Total angka kematian di Spanyol mencapai lebih dari 25.000 (data 4/5).

Karantina wilayah dilonggarkan untuk anak di bawah 14 tahun. Orang dewasa dapat berolahraga di luar ruangan untuk pertama kalinya dalam tujuh minggu.

Pada hari Selasa (5/5), masker akan diwajibkan pada transportasi umum dan beberapa usaha kecil seperti penata rambut akan buka dengan pemesanan terlebih dahulu.

Masjid di sejumlah wilayah di Iran yang dinilai memiliki risiko rendah terhadap penyebaran virus corona telah kembali dibuka. Masjid yang diizinkan untuk buka kembali terdapat di sepertiga dari wilayah administratif Iran.

Para jamaah yang akan memasuki masjid diwajibkan untuk menggunakan masker dan sarung tangan. Selain itu, mereka hanya boleh berada di dalam masjid selama setengah jam ketika waktu shalat. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: