Pentingnya Pemahaman Literasi Keuangan

Pentingnya Pemahaman Literasi Keuangan

Cara meningkatkan keterampilan literasi keuangan

Literasi keuangan dapat dikembangkan dengan mempelajari dan mempraktikkan berbagai keterampilan terkait dengan penganggaran, mengelola dan melunasi utang, serta memahami produk kredit dan investasi. Untuk meningkatkan keterampilan literasi keuangan, berikut strategi yang dapat dilakukan.

  1. Rencana Anggaran

Lacak berapa jumlah pendapatan yang diperoleh setiap bulan dengan jumlah yang dibelanjakan. Untuk pelacakan ini, Anda bisa melakukannya secara manual atau digital menggunakan aplikasi penganggaran. Pastikan bahwa dalam anggaran yang dibuat telah mencakup pendapatan, biaya tetap, pengeluaran diskresioner, dan tabungan.

  • Menyisihkan terlebih dahulu keuangan utk diri anda

Untuk bisa menabung, terapkan strategi penganggaran terbalik, di mana menabung menjadi prioritas, sehingga Anda harus menentukan jumlahnya di depan, sebelum mengalokasikannya untuk biaya-biaya lain dalam pengeluaran Anda. Dengan menentukan tabungan di muka, artinya Anda harus menyisihkan terlebih dahulu untuk diri Anda sebelum pendapatan yang diperoleh dibagi ke dalam pos-pos pengeluaran baik yang sifatnya tetap maupun tidak tetap.

  • Mengelola dengan baik & tepat waktu tagihan Anda

Jika Anda memiliki tagihan yang harus dibayarkan setiap bulan, maka pantau tagihan bulanan tersebut agar selalu datang dan dibayarkan tepat waktu. Untuk hal ini, Anda bisa memanfaatkan debit otomatis dari rekening tabungan Anda, agar pembayarannya dapat dilakukan tepat waktu. Hal ini untuk menghindari adanya denda atau bunga yang dapat menyita simpanan Anda.

  • Segera ambil keputusan untuk berinvestasi demi masa depan anda

Apabila perusahaan tempat Anda bekerja menawarkan rekening tabungan pensiun, maka pastikan Anda menerimanya. Anda juga perlu mempertimbangkan untuk membuat portofolio investasi saham, pendapatan tetap, dan komoditas yang terdiversifikasi. Bahkan jika memungkinkan dan perlu, Anda bisa mencari penasihat keuangan profesional untuk membantu menentukan jumlah uang yang harus disisihkan untuk bisa tetap hidup layak dan nyaman di masa pensiun.

Demikianlah artikel tentang pentingnya literasi keuangan dan cara meningkatkannya, semoga bermanfaat bagi Anda semua. (*)

Oleh: Syarifudin*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: