Yamaha-detail

Pelaku Teror Desa Mulyorejo Jember Ditangkap, Begini Situasi di Lokasi

Pelaku Teror Desa Mulyorejo Jember Ditangkap, Begini Situasi di Lokasi

Setelah melakukan pengusutan, pelaku teror desa Mulyorejo Jember ditangkap pihak kepolsian. --

Radarcirebon.com, JAKARTA - Pelaku teror Desa Mulyirejo Jember, setelah melakukan pengusutan akhirnya ditankap pihak kepolisian.

Penangkapan pelaku teror Desa Mulyorejo Jember yang melakukan pembakaran sejumlah rumah warga, pihak kepolisian terus mengembangkan kasus ini.

Peristiwa teror desa Mulyorejo Jember Kabupaten Jember, Jawa Timur tersebut telah terjadi beberapa kali pada 3 Juli, 30 Juli, 3 Agustus, dan 4 Agustus 2022.

Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo menjelaskan bahwa pihaknya telah mendapatkan beberapa keterangan dari saksi-saksi di tempat kejadian perkara.

BACA JUGA:Sambut HUT Kemerdekaan RI, Pelaku UMKM Berinovasi Kreasikan Seserahan

“Saat ini kami telah berhasil mengamankan satu tersangka," jelas AKBP Hery.

Pelaku pembakaran beberapa rumah warga di Dusun Baban Timur tersebut merupakan warga Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi dan pihak Polres Jember terus melakukan pengembangan dari penangkapan.

AKBP Hery mengatakan bahwa peristiwa pembakaran tersebut terjadi di beberapa titik.

Salah satu penyebab peristiwa itu adalah karena ada konflik yang berkaitan masalah batas lokasi di perkebunan kopi.

BACA JUGA:Komisi III Segera Undang Baznas

"Ada beberapa warga menempati area di lokasi itu. Posisi mereka di Pedukuhan Dampikrejo dan Patungrejo, hanya rumahnya berjauhan satu dengan yang lain. Mereka sedang memanen kopi," tambah AKBP Hery.

AKBP Hery juga menjelaskan bahwa wilayah Jember berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyuwangi, sehingga sering ada yang merasa bahwa kopi yang menjadi hak mereka ada yang diambil sebagian.

Akibat hal tersebut menjadi terakumulasi hingga terjadinya aksi pembakaran yang dilakukan sekelompok orang.

"Kejadian itu akumulasi persoalan selama bertahun-tahun dan baru muncul saat, hal tersebut berdasarkan informasi yang ada dari warga serta saksi," katanya.

BACA JUGA:Soroti Kinerja Dokter PNS, Aan : Jika Bandel Akan Rekomendasikan Ijin Praktek Ditutup

Sementara, Kasi Humas Polres Jember Iptu Brisan mengatakan anggota Reskrim dan Intelkam Polres Jember selain telah menangkap salah satu pelaku, juga mendirikan posko keamanan.

"Puluhan personel Brimob Polda Jatim mendirikan posko di lokasi pada Jumat malam sehingga diharapkan situasi di dua Pedukuhan Patungrejo dan Dampikrejo yang berada di Dusun Baban Timur segera kondusif," jelas Iptu Brisan.

Dilansir disway.id, saat ini Polres Jember masih memburu para pelaku pembakaran sejumlah rumah dan kendaraan warga yang membuat lingkungan Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo mencekam.

Polres Jember mendapat bantuan dari Brimob Polda Jawa Timur dalam mengamankan lokasi pembakaran.

BACA JUGA:Tahun ini, Pelabuhan Cirebon Bakal Disulap jadi Zona Pariwisata

"Kami mendapat bantuan personel sebanyak 60 anggota Brimob Polda Jatim di lokasi terjadinya pembakaran beberapa rumah warga di Dusun Baban Timur Desa Mulyorejo," kata Kabag Ops Polres Jember Kompol M Toha.

Kompol M Toha menambahkan bahwa puluhan personel dari Polres Banyuwangi juga disiagakan membantu pengamanan di perbatasan Jember-Banyuwangi, yakni di Kecamatan Kalibaru.

"Tidak hanya itu, Tim Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jatim juga membantu Polres Jember dalam upaya penindakan," katanya.

Sedangkan Kasi Humas Polres Jember Iptu Brisan Imanulla mengatakan pihak Polres Jember mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan memerintahkan anggota Reskrim melakukan penyelidikan dan Sabhara melakukan pengamanan dengan mendirikan posko.

BACA JUGA:Tahun ini, Pelabuhan Cirebon Bakal Disulap jadi Zona Pariwisata

"Kejadian pembakaran rumah dan kendaraan berada di dua pedukuhan, yaitu Dukuh Patung Rejo dan Dampekrejo, Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo," katanya.

Pada 4 Agustus 2022 terjadi dua kali pembakaran pada dua lokasi berbeda di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo.

Berdasarkan data, total rumah yang rusak akibat dibakar sebanyak sepuluh rumah, mobil, dan beberapa sepeda motor juga dibakar.

Artikel ini sudah tayang di Disway.id dengan judul: "Pelaku Teror Desa Mulyorejo Jember Ditangkap, Sejumlah Petugas Lakukan Penjagaan di Lokasi"

Sumber:

....