Tidak Menyebabkan Rematik, Berikut Sederet Manfaat Mandi Sebelum Tidur

Tidak Menyebabkan Rematik, Berikut Sederet Manfaat Mandi Sebelum Tidur

Tidak Menyebabkan Rematik, Berikut Sederet Manfaat Mandi Sebelum Tidur-download-cdn-cas.orami.co.id

Radarcirebon.com - Bila kalian pernah mendengar bahwa mandi sebelum tidur menyebabkan rematik. Hal itu tidakah benar, kenapa demikian? Justru ada banyak manfaat mandi sebelum tidur, lho.

Banyak mitos dan fakta yang beredar tentang mandi sebelum tidur dan kalian bingung mana yang benar dan mana yang salah. Berikut ini adalah kebenaran dan manfaat mandi sebelum tidur.

BACA JUGA:Manfaat Capsaicin Dalam Makanan Pedas Bagi kesehatan

Benarkah mandi sebelum tidur menyebabkan rematik?

Rematik itu sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan adanya peradang pada sendi. Kondisi ini sering menyebabkan munculnya nyeri pada sendi dan otot.

Meski bagi sebagian penderita rematik suhu dingin dapat memperburuk gejala, namun faktanya, penyakit ini tidak disebabkan oleh mandi malam maupun cuaca yang dingin. Adapun, manfaat yang bisa kalian dapat dari mandi air hangat sebelum tidur, yaitu sebagai berikut.

1. Menambah kualitas tidur

Mandi sebelum tidur malam boleh dilakukan, kok. Berbagai penelitian telah membuktikan, mandi sebelum tidur malam dengan air hangat bisa mempercepat waktu tidurmu 10 menit dari biasanya dan juga membuat tidur lebih nyenyak.

BACA JUGA:Tidak Hanya Menghilangkan Kantuk, Berikut 5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

Mandi malam 90 menit sebelum tidur diketahui dapat melancarkan sirkulasi darah dan membuat suhu tubuh menurun. Hal ini akan memicu tubuh untuk memproduksi hormon melatonin, sehingga tubuh akan terasa rileks dan tidur pun bisa lebih cepat serta nyenyak.

2. Meredakan pilek

Saat sedang pilek, mandi air hangat sebelum tidur bisa jadi solusi untuk mengatasinya, lho. Pasalnya, menghirup uap panas dapat mengatasi hidung tersumbat dan membuat pernapasan menjadi lebih lega. Kebiasaan ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh.

Akibat mandi air dingin sebelum tidur

Berbeda halnya dengan mandi air hangat, mandi malam dengan air dingin bukan ide yang tepat untuk membuat tidur lebih cepat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: