Apakah Syahrini Keturunan Prabu Siliwangi, Sosok Ini Mengungkap Latar Belakangnya

Apakah Syahrini Keturunan Prabu Siliwangi, Sosok Ini Mengungkap Latar Belakangnya

Apakah benar informasi yang menyebutkan bahwa Syahrini adalah keturunan Prabu Siliwangi. -Kolase-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Apakah Syahrini masih keturunan Prabu Siliwangi, kerap dipertanyakan publik terlebih pasca pernikahannya dengan Reino Barack di Jepang sekitar 3 tahun lalu.

Meski tidak mengungkap secara langsung, Syahrini memang tidak pernah memberikan keterangan apakah dirinya masih keturunan Prabu Siliwangi atau buka.

Tetapi, sosok master of ceremony yang bertugas di pernikahan Syahrini justru membocorkan jawaban atas pertanyaan apakah penyanyi berjulil princess tersebut masih keturunan Prabu Siliwangi.

Elly Susilawati Pasha mengungkapkan bahwa Syahrini masih memiliki garis keturunan dari Raja Kerajaan Sunda yang termahsyur tersebut. Karena itu, meski menikah di Jepang, Syahrini tetap menggunakan adat Sunda.

BACA JUGA:Melakukan Aksi Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar, Begini Profil Agus Sujatno

BACA JUGA:Terserang Diare? Berikut Cara Mengatasi dan Pencegahannya

"Syahrini ingin mengenalkan pernikahan adat Sunda di luar negeri," kata Elly Susilawati Pasha di tayangan Kanal YouTube SCTV beberapa waktu lalu.

Karena itu, wajar bila Syahrini menjunjung tinggi adat Sunda. Termasuk saat melangsungkan pernikahan dengan Reino Barack dan kini telah berusia 3 tahun.

Dia tidak menampik kalau perempuan berdarah Sunda tersebut memang masjh ada garis keturunan dari Prabu Siliwangi. Sehingga masih memegang teguh adat dan begitu kental.

"Dia sangat concern, dia sangat peduli, dia sangat arif terhadap budaya lokalnya, karena Syahrini itu rupanya ada keturunan Prabu Siliwangi,” kata Elly, dalam sesi wawancara itu.

BACA JUGA:Pelajar NU Indramayu Peduli Lingkungan, Tanam 30 Ribu Bibit Mangrove di Pantai

BACA JUGA:Lord Rangga Meninggal Dunia: Inilah Sejumlah Fakta Pendiri Sunda Empire

Pihaknya begitu mengapresiasi Syahrini yang begitu peduli dengan adat Sunda. Bahkan di pernikahannya 3 tahun lalu, sangat menginginkan balutan kebudayaan yang kental.

“Jadi yang memang tata krama, adat istiadat, selalu dipakai oleh keluarganya," tutur Elly seraya menambahkan bahwa sejak lama Syahrini berpesan, agar ketika menikah menggunakan adat Sunda.

Bukan hanya berpesan, waktu itu Syahrini jauh-jauh hari juga menyatakan ingin mengenalkan adat Sunda ke luar negeri.

Sebagai informasi Syahrini adalah penyanyi kelahiran Sukabumi, 1, Agustus 1982 yang menikah dengan Reino Barack pada tahun 2019.

BACA JUGA:Inilah Pesan terakhir Lord Rangga Kepada Aldi Taher

BACA JUGA:Pelaku Bom Bunuh Diri Tinggal di Batununggal Bandung, Begini Keterangan Kerabatnya

Karirnya mulai menanjak saat berduet dengan Anang Hermansyah. Namun kemudian memilih bersolo karir dan pada saat itu, tetap sukses bahkan semakin berkibar namanya.

Kabar Terbaru Syahrini dan Isu Cerai

Syahrini memiliki nama lengkap Rini Fatimah Zaelani SH. Namun belakangan, penyanyi solo tersebut justru sedang diguncang isu perceraian. Meski sejauh ini baru sebatas gosip.

Seolah ingin menjawab gosip tersebut, Syahrini memamerkan kemesraan dengan suaminya Reino Barack melalui beberapa frame foto.

Rupanya, foto yang dipamerkan adalah saat Syahrini dan Reino Barack sedang berada di Tokyo, Jepang. Nampak penyanyi berdarah Sunda itu, mendekap erat suaminya.

BACA JUGA:Aduhh! Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar Bersamaan dengan Kunjungan Menteri Kehakiman Kirgizstan

BACA JUGA:Lord Rangga Meninggal Dunia, Kaesang Pangarep Berduka

Siapa Prabu Siliwangi

Profesor Dr Ayatrohaedi yang meneliti Naskah Wangsakerta dari Cirebon sejak tahu 1970-an, membuat kesimpulan siapa sesungguhnya Prabu Siliwangi.

Bahkan Prof Dr Ayatrohaedi menyebut ada 8 Prabu Siliwangi, bukan satu orang seperti yang selama ini dipersepsikan. Sebab, Prabu Siliwangi adalah julukan untuk raja di Kerajaan Sunda.

Naskah Wangsakerta yang diteliti Prof Ayatrohaedi dibuat selama 21 tahun yakni dalam rentang 1677-1698. Sebab, banyak memuat kisah mengenai riwayat Nusantara. Sekaligus catatan tentang pada leluhur terdahulu.

Lalu, bagaimana Prof Ayatrohaedi bisa berkesimpulan bahwa ada 8 Prabu Siliwangi? Rupanya hal itu menarik kisah paca Perang Bubat. Di mana pada pertempuran tidak seimbang, Prabu Wangi atau Prabu Maharaja alias Prabu Linggbhuwana gugur.

BACA JUGA:Kapolri Jenderal Pol Listyo Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri di Bandung Berstatus Ini

BACA JUGA:Relawan Cianjur Asal Indramayu yang Kecelakaan di Tol Cipali, Ternyata Membawa Ini

Peristiwa tewasnya Prabu Linggbhuwana dalam Perang Bubat tersebut, tidak lain adalah upaya mempertahankan kehormatan dan marabat Kerajaan Sunda, akibat kelicikan Maha Patih Gadjah Mada.

Peristiwa tewasnya Prabu Linggbhuwana terjadi pada tahun 1357, bersama dengan Dyah Pitaloka, gugur dalam pertempuran melawan pasukan yang dibawa oleh Maha Patih Gadjah Mada.

“Lalu, raja-raja sesudahnya dikenal sebagai Prabu Siliwangi yang maksudnya asilih prabu wangi atau ‘menggantikan Prabu Wangi’,” kata Profesor Ayatrohaedi, seperti dilansir dari Historia.

Setelah itu, penerus takhta Raja Sunda menggunakan julukan Prabu Siliwangi termasuk Sri Baduga Maharaja yang dianggap sebagai pemimpin di masa puncak Kerajaan Sunda.

BACA JUGA:Kronologi Kecelakaan Relawan Gempa Cianjur di Tol Cipali, Ada Mobil Lain yang Kabur

BACA JUGA:Analisa BNPT: Pelaku Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astanaanyar Bertipikal Lone Wolf

Namun, dilihat dari masa berkuasa, sebenarnya Sri Baduga Maharaja hanya memerintah selama 39 tahun (1482-1521). Bahkan, takhta Kerajaan Sunda baru diemban saat usianya sudah di atas 70 tahun.

Apakah Syahrini Keturunan Prabu Siliwangi?

Menjawab pertanyaan ini, memang harus ada penelusuran silsilah. Sebab hal tersebut berkaitan nasab seseorang yang tidak bisa asal klaim.

Dalam pernyataannya, Elly hanya menjawab klaim apakah Syahrini masih keturunan Prabu Siliwangi dan tidak menjabarkan secara detail terkait silsilah dan hubungan lainnya.

Karena itu, apakah Syahrini masih keturunan dari Prabu Siliwangi belum dapat terjawab, lantaran tidak ada bukti yang disampainan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: