Hadapi Puncak Musim Hujan, Tingkatkan Kesiapsiagaan

Hadapi Puncak Musim Hujan, Tingkatkan Kesiapsiagaan

CEK LANGSUNG: Pusdalops-PB BPBD Kota Cirebon melakukan pengecekan lokasi banjir di Kelurahan Kalijaga, dengan ketinggian air mencapai 160 sentimeter.-BPBD KOTA CIREBON-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Hujan mengguyur Kota Cirebon pada Rabu sore, 21 Desember 2022, dengan durasi sekitar tiga jam. Hujan ini mengakibatkan genangan di sejumlah ruas jalan dan juga banjir di beberapa titik perumahan.

Ketinggian air mencapai 40-160 sentimeter. Beberapa warga terdampak sempat mengungsi, dan berangsur kembali ke rumah ketika banjir mulai surut.

Hujan tersebut telah diprediksikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang merilis peringatan dini cuaca Jawa Barat. Prediksi tersebut, untuk Kota Cirebon, memiliki potensi intensitas hujan sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di hari tersebut.

Potensi hujan masih terus berlangsung, hingga puncak musim penghujan pada Maret 2023. Menghadapi musim hujan tersebut, masyarakat perlu mempersiapkan upaya mitigasi banjir. Sebelum terjadi banjir, masyarakat perlu mengenali kawasan rawan banjir yang ada di sekitar tempat tinggal, tidak membuang sampah sembarangan, memantau prakiraan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem, serta menyiapkan tas siaga bencana.

BACA JUGA:Daftar Korban Kecelakaan di Gronggong Cirebon, 7 Penumpang di Puskesmas Beber, 2 Luka Berat di RSD Gunung Jati

Bila banjir terjadi, harap matikan aliran listrik di rumah. Selamatkan barang-barang berharga, serta evakuasi ke tempat yang lebih aman.

Setelah banjir mulai surut, mulai bersihkan tempat tinggal dan lingkungan yang terdampak banjir, periksa ketersediaan air bersih, dan pastikan asupan makanan bergizi dan vitamin yang cukup agar terhindar dari penyakit akibat banjir.

BACA JUGA:Truk Box Nyalip di Gronggong Cirebon, Tabrak Mobil di Depannya, Kecelakaan Maut Tewaskan Sopir Travel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: