Saat Safari Ramadhan di Kota Cirebon, Wakil Gubernur Jawa Barat Sampaikan Hal Ini…

Saat Safari Ramadhan di Kota Cirebon, Wakil Gubernur Jawa Barat Sampaikan Hal Ini…

Wagub Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum memberikan tausiah saat melakukan Safari Ramadhan di Madrasah Darul Fikr, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkung, Kota Cirebon, Senin siang 3 April 2023.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum melakukan Safari Ramadhan dengan mengunjungi sejumlah daerah di Provinsi Jabar.

Salah satu tempat yang dikunjungi Wagub Jawa Barat ini yakni Madrasah Darul Fikr, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkung, Kota Cirebon, Senin siang 3 April 2023.

BACA JUGA:Takjiah ke Rumah Duka, Bupati Kuningan Sampaikan Ucapan Belasungkawa dan Permohonan Maaf

Di temui usai melakukan kegiatannya di Madrasah Darul Fikr, Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Safari Ramadhan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan suci.

“Safari Ramadhan menjadi ajang silaturahim dengan warga. Dengan silaturahim, maka akan terbangun komunikasi yang baik hingga adanya hubungan emosional antara pemimpin dengan warganya. Pemimpin hari ini harus paham dengan keinginan masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:Begini Kronologi Siswa SD Asal Halimpu Beber Tewas Tenggelam di Kolam

Menurut Uu, perekonomian di Jawa Barat naik namun belum adil merata.

"Jawa Barat harus terus meningkatkan angka ekonominya terutama ekonomi keluarga. Saat ini perekonomian di Jawa Barat meningkat 5,8 persen melebihi nasional.”

“Tapi, belum adil dan belum merata. Artinya hanya daerah dan kelompok itu-itu saja yang ekonominya meningkat. Untuk adil dan merata, maka dorong UMK di 'lembur' agar lebih meningkat perekonomian rakyat," ujarnya.

Ditanya terkait perbedaan nominal pembayaran zakat fitrah di Jawa Barat, Wagub Uu menuturkan l, hal tersebut sudah ada kesepakatan dan anjurannya.

BACA JUGA:Siswa SD Warga Halimpu Beber Tenggelam di Kolam Ikan

"Penetapan besaran zakat fitrah tidak lepas dari arahan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sehingga berapapun besarannya dari nilai harga beras tidak perlu dijadikan perdebatan di masyarakat,"tuturnya.

Uu berharap dengan adanya perbedaan nominal tidak mengurangi niat masyarakat untuk berzakat fitrah.

"Meski besaran nominal zakat fitrah berbeda di setiap wilayah Jawa Barat tidak mengurangi niat masyarakat untuk bisa ikhlas mengeluarkan zakatnya untuk orang yang membutuhkan. Karena membayar zakat itu wajib bagi umat muslim," ucapnya.

BACA JUGA:Sopir Mobil Dinas Bupati Kuningan Jadi Tersangka Insiden Kecelakaan yang Merenggut 2 Nyawa

Pantauan radarcirebon.com, dalam kegiatan Safari Ramadhan tersebut, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum memberikan tausiah dan memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan dhuafa.

Kunjungan Safari Ramadhan diakhir dengan salat Dzuhur berjamaah di Masjid Agung Sang Cipta Rasa Keraton Kasepuhan Cirebon. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase