Apakah Radang Amandel Perlu Operasi?

Apakah Radang Amandel Perlu Operasi?

dr. Aryo Mandraguna W, Sp.THT-ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - AMANDEL atau tonsil adalah bagian tubuh yang berperan sebagai perlindungan infeksi bakteri maupun virus yang masuk melalui hidung dan mulut. Letaknya berada di tenggorokan (Faring), dan memiliki dua sisi kanan dan kiri.

Seperti kelenjar getah bening, amandel kaya akan sel darah putih yang fungsinya untuk membunuh kuman. Jika ada infeksi, amandel dapat meradang dan terjadi perubahan warna kemerahan serta adanya pembengkakan.

Efek radang amandel terlebih sama seperti Anda terkena flu, dengan gejala demam dan menggigil, sakit tenggorokan akibat kontaminasi bakteri Streptococcus, kelelahan.

Untuk menyembuhkan radang amandel, pasien dapat mengonsumsi antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Namun, tindakan operasi dilakukan apabila pengobatan tersebut tidak memberikan efek menyembuhkan.

BACA JUGA:Nina Agustina Ajak Menangkan Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

BACA JUGA:Buroq Menyambut Ganjar Pranowo di Cirebon, Sudah Ada di Stadion Bima

Lalu, apakah benar jika radang amandel sembuh total dan tidak kambuh lagi hanya bisa disembuhkan dengan tindakan operasi? Mengapa pasien perlu operasi amandel?

Ada beberapa alasan mengapa dokter merekomendasikan usia anak atau dewasa untuk melakukan prosedur operasi amandel:

1. Amandel sering terinfeksi
Radang amandel yang terinfeksi oleh kuman (Tonsilitis) sebenarnya wajar terjadi apabila imunitas tubuh sedang menurun. Reaksinya adalah rasa sakit yang disertai dengan pembengkakan. Namun, apabila amandel sering terinfeksi kurang lebih 7 kali dalam setahun atau 5 kali sepanjang 2 tahun, maka operasi tonsil direkomendasikan.

2. Amandel membesar dan menutupi jalan napas
Amandel yang membesar dan bengkak berisiko terhadap sleep apnea karena menghalangi jalannya napas, terlebih saat tidur, karena posisi lidah akan menutup tonsil itu sendiri. Pembengkakan ini berdampak pada dengkuran atau ngorok saat tidur, hingga henti napas. Tentunya, berbahaya jika amandel terus membesar hingga mengganggu aktivitas tidur Anda.

BACA JUGA:Syekh Panji Gumilang Terpesona Coni Rahakundini, Dibuatkan Kapal Seukuran Bahtera Nabi Nuh

BACA JUGA: Sistem Terbuka atau Tertutup yang Penting Konstitusional, Dave: Hakim MK Membuang Demokrasi

3. Ada komplikasi lain pada amandel
Selain sleep apnea, amandel yang meradang berdampak besar juga pada komplikasi penyakit, seperti munculnya abses peritonsil yang menyebabkan amandel bernanah, hingga kanker amandel yang faktornya berasal dari HPV (Human papillomavirus), hingga batu amandel (Tonsilolit) yang menjadi penyebab bau mulut, Operasi Amandel dan Kekebalan Tubuh Amandel berfungsi untuk mengendalikan kekebalan tubuh, dan akan bereaksi jika imunitas tubuh Anda sedang melemah.

Banyak orang mungkin beranggapan bila amandel sudah diangkat dan dioperasi, maka sistem imunitas akan semakin menurun. Namun, anggapan itu salah. Berdasarkan beberapa penelitian, ternyata operasi amandel justru mendapatkan peningkatan respon imun. Tetapi, perlu diingat juga jika rongga tenggorokan Anda masih dapat terinfeksi, meskipun amandel sudah diangkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: