Peduli! Rinna Suryanti Konsen Lestarikan Seni dan Budaya Lokal

Peduli! Rinna Suryanti Konsen Lestarikan Seni dan Budaya Lokal

Rinna Suryanti ST selaku Owner Konci Rianty (Komunitas Pecinta Rinna Suryanti) bersama keluarga besar LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) Intan Sari.-ABDULLAH/RADAR CIREBON-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kepedulian terhadap kelangsungan pegiat seni dan pelestarian budaya mutlak diperlukan ditengah gempuran peradaban global.

Hal tersebut disampaikan Rinna Suryanti ST selaku Owner Konci Rianty (Komunitas Pecinta Rinna Suryanti) usai bertatap muka dalam acara silarurahmi bersama keluarga besar LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) Intan Sari, Jl Pangeran Suryanegara, RW 09 Kelurahan Pekalangan Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Sabtu 3 Juni 2023) sore.

BACA JUGA:KRI Teluk Hading terbakar di Perairan Bulukumba, Tidak Ad Korban Jiwa

"Pengaruh negatif membuat kita merasa khawatir generasi penerus tergerus dan terkontaminasi gempuran budaya barat," kata Rinna Suryanti.

Maka dari itu, Rinna merasa terpanggil untuk peduli terhadap keberlangsungan para penerus pelestari budaya warisan leluhur.

BACA JUGA:LUGAS! Jawaban Syekh Panji Gumilang Tentang Perempuan Salat Jumat Shaf di Depan: Yang Pinter Itu Mengkritisi

"Alhamdulilah, hari ini kami bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar LKP Intan Sari beserta warga kampung seni di RW 09 Pekalangan ini," ujar Rinna.

Sebagai bentuk kepedulian, kata Rinna, secara simbolis, dalam kesempatan ini saya menyerahkan paket bantuan secara simbolis perangkat penunjang latihan tari, berupa topeng.

BACA JUGA:WOW! Guru Gembul Sebut Al Zaytun Adalah Laboratorium Sosial yang Diciptakan Pemerintah

Rusiyanti, SSN, Kepala LPK Intan Sari mengapresiasi kepedulian Konci Rianty terhadap pelaku pelestari seni budaya Intan Sari yang telah berkiprah sejak tahun 1979 tersebut.

Dijelaskannya, sanggar seni tari LKP yang dikelolanya bersertifikat dan memiliki legalitas yang baik di tingkat Kota Cirebon maupun provinsi Jabar.

BACA JUGA:TNI Sergap Mahad Al Zaytun, Jangan Itu-itu Saja, Padahal Ada Lebih Ekstrem

"Dalam perjalananya, kami fokus terhadap seni tari daerah Cirebon dan Jawa Barat dengan peserta pelatihan mulai dari tingkat anak hingga dewasa," jelasnya.

Lebih lanjut disebutkan, LKP Intan Sari telah memiliki standar dalam pendidikan dan ketrampilan. Sehingga, mampu membimbing dan melatih menuju gerbang prestasi.

BACA JUGA:Tiket Pertandingan FIFA Matchday Indonesia vs Argentina Dibuka 5 Juni 2023

Terpenting, lanjutnya, pihaknya mebentengi generasi penerus dengan melestarikan dan merawat warisan seni budaya leluhur bangsa.

"Terima kasih atas kepedulian tim Konci Riyanti, semoga niat baiknya mendapat pahala kebaikan. Sehingga, dampak positifnya dapat dirasakan seluruh anak didik kami," pungkasnya. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase