Ketika Selimut Melilit Bumi, Apakah Ini Tanda tanda Kiamat?

Ketika Selimut Melilit Bumi, Apakah Ini Tanda tanda Kiamat?

Tanda tanda kiamat yang juga menjadi indikasi perubahan iklim.-Ist-radarcirebon.com

Diungkapkan Kristina, nafsu kolonialisme dan industrialisasi negara Barat berdampak pada perubahan iklim. Hal ini membuat negara-negara Karibia dan Samudera Hindia harus menanggung beban berat. 

BACA JUGA:Topobroto, Cara Mahad Al Zaytun Jawab Berita Viral, Apa Maksudnya?

Mereka yang hanya menyumbang sedikit emisi karbon global terancam musnah akibat kenaikan air laut. Sebagai bentuk tanggung jawab, apa yang harus dilakukan negara-negara kaya? 

“Cuci tangan,” ungkap J Timmon Roberts dan Bradley C Parks dalam buku A Climate of Injustice: Global Inequality, North-South Politics, and Climate Policy (2007).

Dia menjelaskan setiap forum iklim dunia, negara kaya selalu tak tahu malu. Jangankan bertanggung jawab, mereka justru ingin melimpahkan perbaikan iklim kepada negara-negara lain.

Mereka, katanya, ingin ada kesetaraan tanggung jawab untuk menanggulangi kiamat iklim. Mereka tidak mau kalau bertanggung jawabnya lebih besar ketimbang negara lain.

BACA JUGA:WAH! Connie Rahakundini Bakrie ‘Tantang’ Syekh Panji Gumilang Bangun Kapal Perang: Saya Berharap…

Kebijakan ini jelas tidak adil. Negara-negara miskin sebagai kelompok paling rentan harus menyumbang dan berkontribusi yang sama atau lebih dengan mereka yang menjadi biang kerok perubahan iklim. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: