PANTAS SAJA! Ada Negara di Balik Al Zaytun, Puluhan Miliar Rupiah Mengalir Setiap Tahun, Syekh Panji Gumilang

PANTAS SAJA! Ada Negara di Balik Al Zaytun, Puluhan Miliar Rupiah Mengalir Setiap Tahun, Syekh Panji Gumilang

Ada peran negara di balik Mahad Al Zaytun dengan bantuan yang mencapai puluhan miliar setiap tahun.-Mahad Al Zaytun-radarcirebon.com

BACA JUGA:MUI Jabar Segera Meluncur ke Al Zaytun, Sebelumnya Pernah Ditolak dengan Alasan Sibuk

Salah satu yang terbesar lainnya adalah kebutuhan dapur untuk makan 10.000 ribu orang, termasuk yang bekerja di perkebunan, persawahan.

Namun, karena mampu menyediakan sumber pangan secara mandiri, juga tidak terlalu besar untuk dipenuhi.

"Tidak banyak karena menghasilkan sendiri. Rp 3,7 miliar sebulan. Dalam satu tahun Rp44,8 miliar," ungkapnya, secara terbuka.

Komposisi biaya tersebut, 42 persen untuk gaji, alat tulis 3,6 persen, makan 37 persen, listrik 3,5 persen, telepon internet 0,18 persen, BBM 2,4 persen, transportasi 4,4 persen, pajak 5,1 persen.

BACA JUGA:Sikapi Persoalan di Al Zaytun, Wagub Uu: Insya Allah, Pemerintah Akan Bijaksana

Menurut Syekh Panji Gumilang, semua keberhasilan dari Mahad Al Zaytun untuk pengelolaan tidak lepas dari kekuatan teori ilmiah dan kekuatan praktek daripada sukarela. Semua yang dilakukan ada teori berdasar ilmiah. 

"Teori ini dipraktekan secara sukarela. Ya inilah mandiri. Kalau ada orang yang bilang ini itu karena tidak punya kekuatan," bebernya.

Atas bantuan negara untuk Mahad Al Zaytun tersebut, Syekh Panji Gumilang menyampaikan terima kasih atas peran pemerintah di balik biaya pendidikan dan kemandirian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: