Yahweh dari Bahasa Ibrani Jadi Nama Gedung di Mahad Al Zaytun Indramayu, Begini Penampakannya

Yahweh dari Bahasa Ibrani Jadi Nama Gedung di Mahad Al Zaytun Indramayu, Begini Penampakannya

Gedung Pembelajaran Yahweh yang namanya diambil dari Bahasa Ibrani di dalam Komplek Mahad Al Zaytun.-Google Maps-radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Nama dalam Bahasa Ibrani ternyata digunakan untuk bangunan di Mahad Al Zaytun, Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten INDRAMAYU.

Selain menggunakan Bahasa Ibrani juga ada nama dalam Bahasa Jawa, hingga Arab. Karenanya, keberadaan gedung-gedung tersebut menjadi sorotan.

Misalnya yang terbaru dan sedang menarik perhatian adalah Gedung Yahweh atau Tuhan dalam Bahasa Ibrani. Dalam penulisannya Yahweh atah YHWH dalam ejaan alternatif. 

Ada juga yang menuliskan dengan YHVH. Pemaknaannya merujuk pada sesembahan kaum Nomad di seletan Transjordan. 

BACA JUGA:September Diumumkan, Inilah Kriteria Cawapres yang Bakal Dampingi Ganjar Pranowo

Sedangkan dalam literatur lain disebutkan bahwa YHVH adalah prajurit ilahi yang memimpin tentara surgawi untuk melawan musuh-musuh dari Israel. 

Selain Yahweh, juga ada beberapa nama lain pada gedung di komplek Mahad Al Zaytun yang berbau Yahudi. Misalnya Sinagog atau Sinagoge.

Tetapi, penamaan gedung tersebut tentu masih harus dicek dan verifikasi ulang. Apakah benar demikian penamaannya, atau telah mengalami perubahan.

Dengan luas area yang dimiliki, terdapat banyak gedung yang ada di dalam Mahad Al Zaytun. Setidaknya ada 22 bangunan yang memiliki nama.

BACA JUGA:Renovasi JIS, Erick Thohir: Ingin Memastikan Suporter Pulang dengan Selamat

Belum lagi bangunan yang belum diketahui namanya. Juga belum termasuk infrastruktur seperti danau, peternakan, taman dan penunjang lainnya.

Menariknya, gedung-gedung yang dibangun tersebut semuanya bertingkat. Mengingat banyaknya santri mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Yang tidak kalah menjadi sorotan adalah bangunan dengan nama Istana, tapi bukan tempat tinggal Syekh Al Zaytun AS Panji Gumilang.

Melainkan Istana Beras. Tentu saja, penyebutannya adalah julukan untuk tempat penyimpanan bahan pangan pokok itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: