Saksi Hidup Peneliti Al Zaytun Tahun 2002 Angkat Bicara, ‘Obrak-abrik’ Kamar Syekh Panji Gumilang

Saksi Hidup Peneliti Al Zaytun Tahun 2002 Angkat Bicara, ‘Obrak-abrik’ Kamar Syekh Panji Gumilang

Saksi hidup tim peneliti Litbang Departemen Agama (Depag/Kemenag) yang ditugaskan ke Mahad Al Zaytun, Dr Fuaduddin mengungkap kesaksian dari penelitian yang dilakukan.-Mahad Al Zaytun-radarcirebon.com

BACA JUGA:Pindah ke Partai Gerindra, Dedi Mulyadi:Saya Dukung Prabowo Capres 2024

“Beliau ini saksi utama peneliti dari Departemen Agama. Pada tahun 2002. Beliau meneliti selama kurang sedikit dari 7 bulan. Tiap hari,” ujarnya.

Saking serius penelitian itu, Syekh Al Zaytun bercerita, bahwa dirinya sempat nyaris berselisih. Bahkan hampir saja dimaki-maki.

“Sampai hari Ahad pun beliau meneliti. Sampai hampir dimaki-maki oleh syekh. Ini peneliti kurang asem ini. Sudah 7 bulan, Hari Ahad pun kami libur, nggak mau libur,” ungkapnya.

Akhirnya syekh memahami maksud dari tim peneliti yang tidak mengenal hari libur itu. Rupanya mereka ingin benar-benar memastikan bahwa tidak ada aktivitas tersembunyi di Al Zaytun.

BACA JUGA:Damri Buka Rute ke Bandara Kertajati dari Cirebon, Kuningan dan Bandung, Pool Ada di Lokasi Ini, Jangan Salah

“Karena ingin mendapatkan sesuatu yang katanya disembunyikan. Lama debat itu. Sampai pegang leher. Cari, kalau sampai menemukan yang katanya disembunyikan saya kasih hadiah sepatu bally,” bebernya.

Tim tersebut baru selesai meneliti di Bulan Maret 2002 dan laporannya disampaikan kepada Departemen Agama (Depag).

“Setelah itu, beliau dan rombongan membuat laporan. Hanya kami tidak dapat laporan sampai sekarang. Kalau tidak mencari sendiri,” katanya.

Sayangnya, sambung syekh, banyak dari anggota tim peneliti tersebut yang sekarang sudah berkurang. Karenanya, keberadaan Dr Fuaduddin menjadi sangat penting, karena bagian dari saksi hidup.

BACA JUGA:Ketimbang Bandung, Bandara Kertajati Lebih Dekat Cirebon, Sumedang, Indramayu dan Subang, Perlu Transportasi

“Kawan-kawannya sudah banyak yang tidak ada lagi. Silakan tanya sedalam-dalamnya, barangkali ada yang disembunyikan. Inilah saksi hidup meneliti,” tuturnya.

Salah satu yang membuat syekh sampai terheran-heran adalah ketika mereka sampai masuk ke kamar pribadinya bersama sang istri.

Pada waktu itu, Syekh Panji Gumilang mengaku, belum punya rumah. Sehingga harus tinggal di salah satu ruangan yang dijadikan kamar.

“Sampai tempat kami, kan belum punya rumah. Ngambil satu kamar bersama umi. Itu diteliti. Sampai saya bilang, ente ini gimana? Sampai kamar tidur saja diteliti,” kata syekh mengenang momen itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: