Klarifikasi dari National Miss Universe Indonesia Terkait Adanya Laporan Dugaan Pelecehan Seksual

Klarifikasi dari National Miss Universe Indonesia Terkait Adanya Laporan Dugaan Pelecehan Seksual

Pengacara Mellisa Anggraini bersama Sally Giovany dan Rizky Ananda Musa resmi membuat laporan atas dugaan pelecehan seksual, karena sesi foto telanjang untuk body check Miss Universe Indonesia 2023.-Melissa Anggraini/Ig-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Kontestasi Miss Universe Indonesia 2023 kini menjadi perbincangan banyak orang.

Bukan karena kontestannya yang cantik, pintar dan bertalenta. Namun, kecerobohan panitia yang mengakibatkan pelaporan kepada aparat kepolisian.

Salah satu kontestan resmi melaporkan dugaan pelecehan seksual ke Polda Metro Jaya dengan register nomor LP/B/4598/VII/2023 SPKT POLDA METRO JAYA.

Terlapor dalam hal PT Capella Swastika Karya. Korban melaporkan atas Pasal 4, 5, dan 6 Undang-undang TPKS. Mereka juga menyertakan Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-undang TPKS.

BACA JUGA:10 Trik Trading Crypto Agar Untung

Pelecehan seksual terjadi pada 1 Agustus 2023 lalu. Kuasa Hukum pelapor, Mellisa menjelaskan kliennya saat itu diminta menjalani pengecekan badan tanpa busana. Padahal, hal tersebut tidak ada dalam rangkaian acara.

Tentu saja, ada dugaan saat pemeriksaan tubuh, yang notabene para kontestan disuruh telanjang. Membuat National Director Miss Universe Indonesia Bali, Sally Giovany angkat bicara.

Melalui akun media sosial Instagramnya, Sally yang mengunggah Stories berisi tangkapan layar percakapan WhatsApp antara dirinya dengan National Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat Rizky Ananda Musa, mengatakan apabila dugaan itu benar terjadi, berarti telah menyalahi aturan dan melanggar hukum.

Yang paling ditakutkan oleh Sally adalah jika foto tanpa busana para peserta kecantikan itu, disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA:Bagikan Pengalaman Asyiknya Kerja di BUMN, PT PP Goes to UNPAR

“Selamat sore, saya dapat kabar anak2 body check disuruh telanjang, tapi difoto. Apa diperbolehkan? Ini melanggar aturan lho. Kalau ternyata disebarluaskan bagaimana? Kami Jabar juga ada body check tapi tidak foto mereka," demikian yang tertulis dalam tangkapan layar unggahan Instagram Stories Sally Giovanny, dikutip pada Senin 7 Agustus 2023.

Rizky Ananda Musa lantas mengunggah ulang Instagram Stories Sally. Rizky menegaskan bahwa dia dan timnya sudah melakukan pemeriksaan tubuh peserta Miss Universe Indonesia dengan benar.

 “Ini body check Jabar menggunakan gambar tidak difoto telanjang di depan laki-laki juga," kata Rizky Ananda Musa.

Rizky mengungkapkan alasan dirinya berani buka-bukaan terkait skandal di kontes Miss Universe Indonesia tersebut. Dia mengatakan bahwa hal itu dilakukan untuk keadilan.

"Kenapa saya dan Sally Giovany lantang bicara karena kami menegakkan keadilan," katanya.

BACA JUGA:Untung Ketemu Sosok Ini, Dafi Pendaki Remaja Asal Kuningan Akhirnya Pulang dengan Selamat

Rizky melanjutkan, dirinya dan Sally tidak takut untuk menguak kebenaran di balik Miss Universe Indonesia 2023. Dia tidak ingin ada korban lagi di masa mendatang.

"Biar tidak ada korban berikutnya berjatuhan. Kenapa kami lantang bersuara karena kami tidak takut dan punya power masing-masing," kata pengusaha kosmetik asal Kota Bandung ini.

Rizky pun memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai National Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat. Begitu juga dengan Sally yang mundur dari National Director Miss Universe Indonesia Bali.

Tak cuma mereka, CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang dan Direktur Visual Rio Motret juga mundur. Keduanya mengabarkan itu melalui Instagram.

BACA JUGA:Selalu Nomor 1, Jawa Barat Tak Tertandingi, 5 Tahun Terakhir Realisasikan Investasi Rp685,35 Triliun

Eldwen Wang atau lebih dikenal sebagai Wang Jin-Seok mengumumkan dirinya melepaskan jabatannya tersebut karena ingin fokus pada karier dan pekerjaan sebelumya di kota kelahirannya, Surabaya. Sedangkan Rio Motret mundur karena ingin fokus pada pekerjaan selanjutnya.

"Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menjabat sebagai CEO Miss Universe Indonesia selama masa kontrak kerja saya.”

“Saya meminta maaf seiring perjalanan waktu saya harus membuat keputusan untuk fokus pada karier dan pekerjaan sebelumnya di kota kelahiran saya," tulisnya Eldwen Wang di akun Instagramnya.

Sementara itu menanggapi dugaan dari Sally Giovany, National Miss Universe Indonesia Poppy Capella memberikan klarifikasi. Klarifikasi itu ditujukan kepada para pendukung dan awak media.

BACA JUGA:Heboh, Miss Universe Indonesia Diduga Disuruh Foto Telanjang saat Body Check, Korban Lapor Polisi

“Kepada pendukung kami yang berdedikasi, perwakilan media, dan masyarakat luas. Dalam dunia kontes yang dinamis, suara bergema dari segala arah,” ungkap Poppy dalam Instagram Stories.

Menurutnya, setiap komentar dan umpan balik yang dibalut pujian maupun kritik, sangat vital dalam memahat narasi Miss Universe Indonesia.

Dia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan perhatian khusus dan kritik terhadap Miss Universe Indonesia.

"Komentar kalian bukan sekadar kata-kata, kalian adalah kekuatan yang kuat serta mendorong tekad dan semangat kami,"  ujar Poppy.

BACA JUGA:BRI Imbau Nasabah Lakukan Aktivasi NIK Jadi NPWP Sebelum 31 Desember 2023

BACA JUGA:Taspen Cirebon Bedah Rumah ASN Kabupaten Cirebon, Komitmen Meningkatkan Kesejahteraan

Setiap umpan balik dan komentar, menurutnya, bertujuan sebagai bahan bakar yang memperkuat tekad untuk mendorong organisasi Miss Universe Indonesia ke tingkat yang lebih baru.

Namun klarifikasi Poppy ini belum menjawab dengan jelas dugaan yang disampaikan oleh Sally Giovany. Apakah benar atau tidak jika para kontestan ajang kecantikan itu ketika pemeriksaan tubuh difoto tanpa busana.

Memang, ajang kontes kecantikan ini sorotan publik. Ada dugaan kontes kecantikan yang baru pertama kali digelar di bawah naungan pemegang lisensi baru, diwarnai kabar miring. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase