Ada Usul Ganti Nama BIJB Kertajati Jadi Bandara BJ Habibie, Ini Jejak Sang Teknokrat di Jawa Barat

Ada Usul Ganti Nama BIJB Kertajati Jadi Bandara BJ Habibie, Ini Jejak Sang Teknokrat di Jawa Barat

BIJB Kertajati pernah diusulkan ganti nama menjadi Bandara Internasional BJ Habibie.-Istimewa/Diolah-radarcirebon.com

BACA JUGA:Saat Mimin AirAsia Typo, Tulis Kode Kertajati Jadi Bandara di Kenya, Loh Kok Bisa?

Usulan itu dinilai tidak akan menjadi permasalahan, mengingat kehidupan almarhum BJ Habibie pernah dihabiskan di Jawa Barat. Sebelumnya, Ridwan Kamil terinspirasi mengabadikan nama Habibie di Gedung Creative Center.

“Saya sudah dengar, memang sejalan dengan apa yang saya pikirkan. Hanya butuh proses saja. Saya juga tahu beliau bertemu cintanya (Ainun, red) di Jabar. Sebelum ke Jerman sekolah di Jabar, mendirikan IPTN (sekarang PT DI) di Jabar,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung.

Pengusulan penggantian nama BIJB segera dibahas dengan DPRD Jabar agar terbangun kesepahaman dan kesamaan misi. “Idenya diapresiasi dan akan kami tindaklanjuti,” katanya.

Untuk diketahui, petisi penggantian BIJB Kertajati sudah ditandatangani secara online di website change.org dengan judul “Mengganti nama Bandara BIJB Kertajati menjadi Bandara BJ Habibie”. Inisiatornya adalah akun bernama Ihsan Joe pada 12 September 2019.

BACA JUGA:RESMI! AirAsia Pindahkan Penerbangan dari Bandung ke Bandara Kertajati, Terbang ke Bali 7 Kali Seminggu PP

Alasan petisi itu dibuat karena menganggap BJ Habibie sebagai teknokrat di bidang kedirgantaraan kelas dunia dan pernah mendirikan Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) yang berlokasi di Bandung.

BJ Habibie pun lekat dengan Jawa Barat, karena pernah mengenyam pendidikan di SMAK Dago dan kuliah di Institut Teknologi Bandung. 

Kendati demikian, usul ganti nama BIJB Kertajati menjadi Bandara BJ Habibie kemudian menguap dan sampai saat ini belum terealisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: