BPK PENABUR Gelar Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023, Salah Satunya di Cirebon

BPK PENABUR Gelar Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023, Salah Satunya di Cirebon

DIGELAR DI CIREBON : Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 digelar BPK PENABUR secara serentak di 4 kota, salah satunya di Cirebon tepatnya di SMPK-SMAK PENABUR Cirebon, Jalan Cipto Mangunkusumo, Sabtu (9/9). Kegiatan itu diikuti 237 peserta dengan-ist-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - BPK PENABUR secara serentak mengadakan Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 di 4 kota dan diikuti oleh lebih dari 1.700 peserta. Salah satunya digelar di Cirebon tepatnya di SMPK-SMAK PENABUR Cirebon, Jalan Cipto Mangunkusumo 24, Kota Cirebon, pada Sabtu (9/9). Setidaknya terdapat 237 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua Pelaksana Festival Catur Pelajar Klaster Cirebon, Agus Kristiyono mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan secara serentak di Jakarta, Bandung, Cirebon, hingga Lampung.

"Pada hari ini di Klaster Cirebon diikuti oleh peserta yang berasal dari wilayah sekitar Cirebon dan Jawa Tengah seperti Semarang, Pekalongan, Banyumas, dan Cilacap," tutur Agus kepada Radarcirebon.com.

Menurut Agus, babak yang diadakan kali ini merupakan babak penyisihan. Kemudian selepas babak ini para pemenang akan kembali bertanding pada ajang final di SPK Kepala Gading pada 16 September 2023 mendatang.

BACA JUGA:Kecelakaan di Gebang Kulon, Truk Box Oleng Tabrak Motor dan Truk Parkir

BACA JUGA:Kontrak David da Silva Tinggal 3,5 Bulan Lagi, Bertahan di Persib Bandung atau Pindah ke Klub Lain?

"Kita nanti akan mempertemukan dari 4 klaster dan 8 kategori berbeda baik jenjang SD, SMP, SMA serta untuk kategori putra dan putri. Nanti finalnya kita akan gelar di Jakarta," ungkapnya.

Agus pun menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini pun bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat pelajar dalam bidang olahraga catur. Selain itu, siswa-siswi pun diharapkan memiliki jiwa kompetitif yang bisa menjadi bekal untuk masa depannya.

"Melalui ajang ini pun kami mencari bibit-bibit pelajar yang memiliki kemampuan catur untuk bisa bersaing, tidak hanya di skala lokal, di nasional bahkan nasional," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan BPK PENABUR Cirebon, Decianah Liatna mengungkapkan, kegiatan lomba catur PENABUR tesebut merupakan kegiatan keempat kalinya yang diadakan dan merupakan pertama kalinya secara offline.

BACA JUGA:Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan dan Potensi Lokal

BACA JUGA:PKM IPA UPI; Sains Inovatif Berbasis ESD, Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mendukung SDGs

"Kita ingin anak-anak bisa diajar belajar cermat, strategis, teliti," jelasnya.

Untuk itu, Decianah pun mengungkapkan ucapan terima kasih kepada seluruh orang tua yang telah mendukung putra-putrinya untuk bisa mengembangkan bakatnya dalam bidang catur khususnya dengan mengikuti kegiatan seperti ini. "Kita harapkan muncul bakat baru melalui ajang ini," tandasnya.

Terpisah, Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi, menyampaikan Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2023 merupakan kelanjutan kerjasama yang intensif antara BPK Penabur dengan PB Percasi dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA).

"Festival ini merupakan lanjutan kerjasama kami yang intensif yang di tahun dimulai sejak tahun 2019. Tahun 2023 ini festival ini diikuti 1.757 pecatur dari 13 provinsi, 54 kabupaten/kota. Festival ini hadir di empat kota yakni Bandar Lampung, Jakarta, Cirebon dan Bandung," tutup Ardi. (jrl/opl)

BACA JUGA:Penemuan Bayi di Bawah Pohon di Larangan Utara Cirebon, Orang Tua Sudah Diamankan, Masih Diperiksa

BACA JUGA:SD Peradaban Global Quran Gelar Tasyakkur Khotmil Quran ke VII dan Imtihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: