Dramatis! Pesawat Garuda Indonesia 206 Dibajak, Pilot Ditodong Pistol, Pramugari Disekap, Penumpang Dilecehkan

Dramatis! Pesawat Garuda Indonesia 206 Dibajak, Pilot Ditodong Pistol, Pramugari Disekap, Penumpang Dilecehkan

Pesawat Garuda Indonesia dibajak dan pembebasan dilakukan oleh Kopassus lewat operasi Woyla. -Ist-radarcirebon.com

BACA JUGA:Persib vs Bhayangkara Ibarat Indonesia vs Taiwan di Asian Games 2023, Bobotoh Beri Warning

Tujuannya demi menuntut kolega mereka dibebaskan. Selain itu menuntut agar orang-orang Israel keluar dari bumi Indonesia.

Bermula pada 11 Maret 1981 di Kota Bandung. Imran bin Muhammad Zein sudah bertekat bulat. Pimpinan Jamaah Imran dari Komando Jihad tersebut memerintahkan anggotanya untuk menyerbu Kantor Polisi 8806 Pasirkaliki, Cicendo, Kota Bandung.

Anggota yang diperintahkan oleh dedengkot Komando Jihat itu adalah Salman Hafidz. Dia diminta memimpin 13 jamaah menyerbu kantor polisi yang tak jauh dari Stasiun Bandung itu.

Saat itu sudah lewat tengah malam. Hanya ada 4 polisi yang berjaga di kantor Polsek tersebut. Dengan cepat anak buah Salman Hafidz mengendalikan situasi.

BACA JUGA:Sekda Jabar Setiawan Serahkan Ventilator Pada 13 RSUD di Jawa Barat

Keempat polisi itu dihujani peluru oleh kelompok Salman. Peristiwa berdarah pun tak dapat dihindari dan menggemparkan dunia.

Setelahnya, polisi pun kerja cepat. Mereka menyelidiki dan menangkap sejumlah anggota Jamaah Imran. Tersangka utama penyerbuan tersebut.

Bukan itu saja. Para jamaah itu terancam dieksekusi sebagai teroris. Namun, Imran tidak terima. Ia pun merencanakan penyerbuan lain untuk membebaskan anggota-anggotanya.

Kali ini bukan kantor polisi lagi yang bakal disasar. Ia memerintahkan anggotanya yang lain, Mahrizal, untuk membajak sebuah pesawat.

BACA JUGA:Waspada! Jika Ada Orang Asing Minta Pertemanan di Akun IG, Jangan-Jangan Pelaku Scammer, Ini Ciri-cirinya

Sementara itu, di Palembang, Sumatera Selatan pada 28 Maret 1981, pilot Herman Rante (38) bersiap untuk menerbangkan pesawatnya: Garuda Indonesia DC-9 dengan nomor penerbangan 206. 

Pesawat yang disebut "Woyla" itu sebenarnya bertujuan ke Medan dari Jakarta. Namun Herman harus mampir di Palembang untuk transit.

Usai transit, penumpang pesawat bertambah jadi 48 orang. Sekitar pukul 10.00 WIB, kegaduhan tiba-tiba terdengar. Dua pramugari pesawat, yakni Deliyanti dan Lydia, jatuh setelah mereka ditabrak orang.

Awalnya, Herman belum curiga. Ia fokus menerbangkan pesawatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: