6 Makanan Merusak Usus yang Harus Dihindari, Nomor 3 Sangat Digemari

6 Makanan Merusak Usus yang Harus Dihindari, Nomor 3 Sangat Digemari

Makanan merusak usus yang harus dihindari. Ilustrasi:-pixabay-

Seperti dikutip dari Medical Daily, asupan makanan berperan sangat penting untuk menjaga kesehatan usus. Maka, harus dihindari makanan merusak usus. 

Nah, supaya Anda lebih waspada, berikut ini adalah 6 jenis makanan merusak usus yang harus dihindari oleh Anda.

1. Gula

BACA JUGA:5 Sayuran Penjaga Kesehatan Ginjal, Wajib Dikonsumsi Sejak Dini

BACA JUGA:5 Minuman Baik untuk Ginjal yang Boleh Dikonsumsi Setiap Hari

Makanan merusak usus yang pertama adalah jenis makanan yang mengandung banyak gula. Mengapa demikian, bukankah makanan mengandung gula itu manis dan lezat untuk dikonsumsi? 

Ya, itu karena mengonsumsi gula berlebihan bisa berakibat fatal. Gula yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi adalah musuh bagi usus.

Sebab, gula dalam makanan akan menghilangkan bakteri baik yang ada di usus. Dampak lebih lanjut adalah timbulnya peradangan pada usus.

Jika sudah timbul peradangan maka akan timbul risiko gangguan kesehatan yang lebih berat. 

2. Makanan olahan atau instan

Makanan merusak usus yang harus dihindari berikutnya adalah berbagai jenis makanan olahan. Makanan olahan yang serba instan banyak yang enak dan ramah di kantong.

Sehingga makanan olahan ini cocok banget buat anak kos yang memiliki budget terbatas. Membuat makanan yang sudah diolah juga simpel dan tidak ribet. 

Tapi makanan olahan ini biasanya memiliki kandungan garam, lemak, gula, dan berbagai jenis bahan tambahan lainnya yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

Makanan olahan juga biasanya mengandung bahan pengawet. Berbagai kandungan tersebut dapat merugikan kesehatan kita karena mengganggu mikrobioma yang sehat.

3. Gorengan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: