Kenali Penyakit Musim Hujan Agar Hidup Lebih Sehat

Kenali Penyakit Musim Hujan Agar Hidup Lebih Sehat

Asuransi Astra tersedia dalam tiga paket perlindungan yaitu Fit, Classy, dan Ultima yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan pelanggan.-ASURANSI ASTRA-RADAR CIREBON

BACA JUGA:Pemain Vietnam Sering Kasar, Tapi Minta Indonesia Jangan Nakal

BACA JUGA:Meriah dan Heboh, Dies Natalis Ke-63 UGJ Cirebon

Gejala demam berdarah biasanya diawali dengan demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala, sakit perut, mual, dan ruam kulit.

Demam berdarah harus ditangani dengan tepat, karena dapat berakibat fatal khususnya bagi anak-anak.

"Disarankan untuk menguras kembali bak mandi atau kolam, menutup tempat air bersih agar tidak kotor dan menjadi tempat tinggal nyamuk serta secara rutin melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) agar terhindari dari penyakit ini," terangnya. 

Demam tifoid atau tipes juga tidak bisa diabaikan. Penyakit ini mungkin saja terjadi di musim penghujan yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi yang biasanya mencemari makanan juga minuman.

Penyakit ini menimbulkan demam yang tinggi, nyeri otot, gangguan pencernaan, sakit kepala, mual dan muntah, hingga hilang nafsu makan.

Jika tidak segera ditangani, pengidap akan terjangkit gangguan kesehatan pernafasan seperti pneumonia dan pleuritis, miokarditis (peradangan otot jantung), gagal jantung akut, hingga kematian.

Penyakit diare juga menjadi penyakit yang kerap terjadi yang merupakan gangguan pencernaan ditandai dengan buang air besar dengan frekuensi yang sering dalam sehari.

Kebersihan menjadi kunci menghindari penyakit ini terjadi.

Begitupun pada penyakit Leptospirosis dimana penyakit ini penyebarannya melalui bakteri Leptospira Interrogans.

Bakteri ini menyebar melalui tanah, air, atau makanan yang terkontaminasi urine, darah.

Selain itu menyebar lewat jaringan hewan yang terinfeksi, kebanyakan kasus adalah tikus, dan masuk ke tubuh melalui kulit atau selaput lendir.

Waspadai juga penyakit kulit yang rentan terjadi pada musi hujan atau banjir.

Saat hujan atau banjir akan membawa banyak virus, bakteri dan jamur yang bisa menyerang kulit akibat dari air hujan yang kotor dan suhu yang lembap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: