Anda Patut Waspada, Ini Dia 5 Tanda Gejala Stroke Ringan di Usia Muda

Anda Patut Waspada, Ini Dia 5 Tanda Gejala Stroke Ringan di Usia Muda

Stroke Di Usia Muda-Foto : hellosehat.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Stroke bukanlah penyakit yang hanya menyerang orang lanjut usia saja. Kini, banyak orang usia muda yang berisiko terkena stroke ringan maupun berat. Hal ini bisa terjadi dari akibat pola hidup yang buruk, kolesterol tinggi, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Tentunya penyakit ini perlu kamu perhatikan gejalanya karena bisa berakibat fatal jika tidak mendapatkan penanganan sesuai.

Terlebih dari itu, mengatasi stroke ringan dengan cekatan bisa meminimalisir serangan stroke yang lebih serius. Simak gejala stroke ringan yang bisa terjadi berikut ini!

Gejala Stroke Ringan yang Bisa Kamu Alami

Ada beberapa gejala stroke ringan yang terjadi pada bagian tubuh karena adanya penyumbatan oksigen dan nutrisi menuju otak. 

1. Kelumpuhan pada bagian tubuh tertentu

Salah satu gejala stroke ringan adalah kehilangan fungsi motorik pada tubuh. Otak bagian tertentu bertanggung jawab untuk memberi sinyal pada saraf motorik agar bisa menggerakkan anggota tubuh. 

 Kurangnya suplai oksigen pada otak bisa menyebabkan bagian otak gagal berfungsi dengan baik. Sebelum mengalami kelumpuhan, seseorang juga bisa merasa kesemutan atau mati rasa di bagian tubuh tertentu.

2. Kesulitan bicara

Kemampuan bicara juga bertumpu pada kinerja otak. Stroke ringan bisa terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan berbicara.

Biasanya, mereka juga bisa merasa kebingungan dalam memahami perkataan orang lain. Jika stroke ringan berubah menjadi lebih parah, pengidap bisa kehilangan kemampuan berbicara seluruhnya.

3. Pandangan mengabur, buta, atau sulit melihat

Ahli menyatakan bahwa masalah pengelihatan bisa terjadi sebagai gejala stroke karena dua kemungkinan. Yang pertama, stroke bisa merusak fungsi otak dalam memproses visual yang mata lihat.

Selain itu, stroke juga bisa berdampak pada otot mata sehingga mata kesulitan untuk melakukan koodinasi agar bisa melihat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: