7 Resep Bahan Alami yang Bisa Dicoba di Rumah untuk Merawat Kuku agar Tetap Sehat

7 Resep Bahan Alami yang Bisa Dicoba di Rumah untuk Merawat Kuku agar Tetap Sehat

7 Resep Bahan Alami yang Bisa Dicoba di Rumah untuk Merawat Kuku -Foto : liputan 6.com -radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Bagi perempuan, kuku adalah salah satu bagian tubuh yang mencerminkan kecantikan. Tak jarang, kuku dihias semenarik dan selucu mungkin untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Namun, banyak yang tidak mengetahui bahwa kekuatan dan penampilan kuku juga menunjukkan kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Kuku yang lemah, rapuh, atau pecah-pecah terkadang menandakan kondisi medis tertentu, seperti penyakit hati, penyakit ginjal, atau psoriasis. Dalam upaya menjaga kesehatan kuku, banyak orang beralih ke berbagai produk perawatan.

BACA JUGA:Wisata Eduheritage Jakarta-Cirebon: Upaya Merajut Benang Merah Kesejarahan

Namun, penggunaan produk yang mengandung bahan kimia berbahaya secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, untuk menjaga kuku yang indah dan sehat, tidak selalu membutuhkan perawatan salon yang mahal atau produk yang sarat bahan kimia.

Bahan alami bisa menjadi solusi tepat untuk mendapatkan kuku yang kuat dan indah. Berikut adalah 7 Resep bahan alami yang bisa coba di rumah untuk merawat kuku agar tetap sehat.

BACA JUGA:TECNO SPARK 20 Pro Series Resmi Hadir Sebagai Game Changer di Indonesia Seharga 2 Jutaan

1,Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kuku. Kandungan vitamin E dan antioksidannya membantu melembabkan dan melembutkan kuku, serta merangsang pertumbuhan kuku yang sehat dan kuat. Minyak zaitun juga dapat membantu mencegah infeksi jamur, mencerahkan kuku, dan mengatasi kutikula kering. 

Cara menggunakannya:

  • Hangatkan sedikit minyak zaitun.
  • Oleskan minyak pada kuku dan kulit di sekitarnya menggunakan bola kapas atau kuas.
  • Pijat kuku dengan lembut selama 5 menit.
  • Biarkan minyak meresap selama 15-20 menit.
  • Cuci kuku dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

BACA JUGA:Bupati Imron: Menyongsong Indonesia Emas, Santri Harus Jadi Pemimpin dan Inovator Masa Depan

2. Minyak Kelapa

Selain untuk kesehatan rambut, Minyak kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan kuku. Kandungan asam lemaknya membantu melembabkan dan menutrisi kuku, sehingga membuatnya lebih kuat dan tahan terhadap kerusakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: