SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon Gelar Khotmil Quran ke 27

SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon Gelar Khotmil Quran ke 27

SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon Gelar Khotmil Quran ke 27-Abdullah -radarcirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Tradisi membaca dan menghafal Al Quran selalu ditanamkan SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon kepada siswanya selama 3 tahun menempuh pendidikan.

Selama 3 tahun membaca dan menghafalkan Al quran, Siswa kelas XII SMA dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Putera Bangsa ini, Kamis (28/3) menggelar Khotmil Quran ke 27 di Masjid Sayyidin Panatagama. 

Kepala SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon Nur Wahyudin SSI kepada Radar mengatakan, hari ini (Kamis) kami menggelar Khotmil quran, acara ini digelar sebenarnya rutin setiap tahun khususnya siswa kelas XII yang akan mengakhiri pembelajaran.  

“Dan tahun ini adalah khotmil quran ke 27,” kata Wahyu. 

BACA JUGA: Partai Gelora Raih 69 Kursi

Dengan khotmil quran ini, kata Wahyu, mereka sudah punya pedoman hidup yang selalu bersandar kepada Al quran dalam kehidupannya, dan setelah lulus mereka selalu terus mempedomani Al quran dengan rutin membaca dan memahami makna yang terkandung di dalam Al Quran. 

Wahyu menjelaskan, Khotmil Quran ini adalah tahun ke 27, selama perjalanan awal hingga 27 tahun kegiatan terus berlangsung termasuk saat pandemi Covid 19 juga terus berlangsung kegiatan Khotmil Quran, ini penting kegiatannya mengakhiri masa pembelajaran siswa kelas XII. 

“Khotmil Quran 30 juz. Dan Hari ini anak anak bagian kelompok membaca dalam beberapa juz membacakan Al quran. Diakhir juz 30 dibacakan secara bersama-sama,” bebernya. 

Nafla Asyifa Rizkia siswa kelas XII mengaku setiap hari selama 3 tahun mengikuti pendidikan membaca Al quran, akibatnya ketika proses khotmil Quran Nafla merasa senang karena bisa menerima orang tua. Apalagi saat ini dirinya teh menelesiaklan hafalan Al quran sebanyak 2 juz dan mencapai 3 juz. 

BACA JUGA: Syudulimar Tradisi Grage Group Berbagi dengan Anak Yatim, Dhuafa Hingga Veteran

“Belajar Al quran sebenarnya sejak bangku SD, dan saat di SMA tinggal melanjutkan, sekarang baru hafal 2 juz yaitu juz 30 dan juz 29, sekarang beranjak juz 28,” ungkapnya.

Nafla menyampaikan tip memnghafal Al quran , dirinya Secara pribadi untuk bisa menghafal itu dimulai dari membaca dulu beberapa kali, kemudian dihafalkan secara berulang-ulang.

Karenanya dirinya memiliki Target hafal 30 juz, walaupun akan melanjutkan pendidikan tinggi ke Undip memilih Fakultas Kesehatan Masyarakat, semangat untuk menghafal Al quran terus digelorakan dalam dirinya. 

Guru Pembina, Nana Sudiana Lc mengatakan, Khotmil Quran angkatan ke 27 ini agendanya mengkhatamkan al quran siswa kelas XII khususnya ke angkatan 27. Melali Khotmil Quran ini, kata Nana, Mudah-mudah semakin banyak generasi mengkhatamkan al quran dan semakin banyak umat Nabi Muhammad khatam al quran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: