Penyebab Gagal Ginjal Akut Pada Anak, BPOM Sebut Belum Tentu dari Obat Sirup

Penyebab Gagal Ginjal Akut Pada Anak, BPOM Sebut Belum Tentu dari Obat Sirup

BPOM merilis 133 daftar obat bebas etilen glikol menurut hasil pengujian. -Ilustrasi/Dzulham Fadoli-radarcirebon.com

Hasil sampling dan pengujian terhadap 39 bets dari 26 sirup obat sampai dengan 19 Oktober 2022, menunjukkan adanya kandungan cemaran EG yang melebihi ambang batas aman pada 5 (lima) produk.

Namun demikian, hasil uji cemaran EG tersebut belum dapat mendukung kesimpulan bahwa penggunaan sirup obat tersebut memiliki keterkaitan dengan kejadian gagal ginjal akut.

BACA JUGA:Jadwal MotoGP 2023 Termasuk Sirkuit Mandalika, Bergini Permintaan Dorna

BACA JUGA:Bripka RR Bingung dan Pucat, Putri Candrawathi Beritahu Rencana Eksekusi Brigadir J di Mobil

Sampai saat ini kasus gagal ginjal akut pada anak belum diketahui secara pasti penyebabnya juga faktor yang menjadi pemicu.

Untuk itu pemerintah bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan tim dokter RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) membentuk satu tim yang bertugas untuk mengamati dan menyelidiki kasus gangguan ginjal akut pada anak.

Plt Direktur Pelayanan Kesenatan Rujukan, dr Yanti Herman MH Kes menjelaskan, Kemenkes meminta orang tua untuk tidak panik, tenang namun selalu waspada.

Terutama apabila anak mengalami gejala yang mengarah kepada gagal ginjal akut seperti ada diare, mual, muntah, demam selama 3-5 hari, batuk, pilek.

BACA JUGA:Anak Tewas Ditabrak Motor di Ciwaringin Cirebon, Warga Palimanan Barat, Hendak Berangkat Sekolah

BACA JUGA:Termorex Sirup Dilarang BPOM dan Masuk Daftar Obat Ditarik, Dulu Punya Iklan Legendaris Bu Joko dan Termos Es

Kemudian sering mengantuk serta jumlah air seni/air kecil semakin sedikit bahkan tidak bisa buang air kecil sama sekali.

Sebab, sampai sekarang ini penyebab gagal ginjal akut pada anak masih belum diketahui dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: