Gempa Bumi Kota Cirebon Hari Ini, Diduga Bersumber dari Garut, Pengunjung CSB Mall Sempat Kaget

Gempa Bumi Kota Cirebon Hari Ini, Diduga Bersumber dari Garut, Pengunjung CSB Mall Sempat Kaget

Pengunjung CSB Mall Kota Cirebon keluar dari gedung saat terjadi gempa bumi yang diduga berpusat di Kabupaten Garut. -Ist-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Gempa bumi darat yang berpusat di Kabupaten Garut, rupanya turut dirasakan masyarakat di Kota Cirebon, sore hari ini, Sabtu, 3, Desember 2022.

Salah seorang warga di CSB Mall, Deasy mengaku, merasakan gempa bumi sekitar pukul 16.50 WIB sore hari ini dan sempat keluar dari mall di pusat Kota Cirebon itu.

"Iya tadi terasa gempa sekitar 5 detik, barusan baca-baca radarcirebon.com, katanya pusatnya di Garut," turut Deasy yang juga sempat keluar dari Cirebon Super Block Mall, saat turut merasakan gempa bumi.

Hal serupa diungkapkan pengunjung CSB Mall lainnya Novi Wahyuni. Dia juga mengaku sempat kaget. Namun, para pengunjung nampak tidak panik dan berjalan kaki keluar mall.

BACA JUGA:Gempa Bumi Garut Hari Ini 6,4 Magnitudo, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

BACA JUGA:Patch Baru VALORANT Telah Hadir! VALORANT Buff dan Nerfs, Patch 5.12

"Sebentar, hanya sekitar 5 detik tadi kerasa ada lini. Tapi pengunjung nggak panik, jadi cuma jalan kaki biasa keluar gedung," tuturnya.

Gempa bumi di Kota Cirebon hari ini, besar kemungkinan merupakan rambatan dari pusat gempa di Kabupaten Garut dengan kekuatan magnitudo 6,4.

Diinformasikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kekuatan gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut sore hari ini, mencapai 6,4 magnitudo.

Adapun pusat gempa berada di kedalaman 118 kilometer, tepatnya di 7,51 Lintang Selatan dan 107,52 Bujur Timur dan berada di darat. Kurang lebih 52 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut.

BACA JUGA:Warga Kutagara Cirebon Tewas Tertabrak Kereta Api Kargo, Sempat Bilang Mau Olahraga di Rel

BACA JUGA:Bulog Pastikan Stok Beras Aman Hingga April 2023

Gempa dirasakan pada Skala MMI IV di Kabupaten Garut, skala III Ciamis, skala III Kalapanunggal, skala III Sumur, skala III Tasik, skala II - III Pamoyanan dan skala II - III Panimbang.

Skala Mercalli adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902.

Sebagai informasi, Skala MMI II berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sedangkan skala III berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: