5 Amalan Penghapus Dosa yang Ringan Dijalankan, Sederhana tapi Memiliki Dampak yang Luar Biasa

5 Amalan Penghapus Dosa yang Ringan Dijalankan, Sederhana tapi Memiliki Dampak yang Luar Biasa

5 Amalan Penghapus Dosa yang Ringan Dijalankan, Sederhana tapi Memiliki Dampak yang Luar Biasa-capture-mandiriamalinsani

RADARCIREBON.COM – Namanya manusia, kita pasti pernah berbat dosa, atau bahkan sering. Tapi Allah itu maha pengampun, banyak amalan penghapus dosa yang bisa kalian coba.

Allah SWT adalah zat yang maha mengethaui dan juga maha pengampun. Allah sangat mencintai hamba-Nya yang bertaubat, seperti yang tetulis dalam surat An Nur ayat 31.

“Dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.”

Salah satu sabda Rasulullah SAW menyebutkan segala perbuatan dosa sebaik-baiknya selalu diiringi dengan amalan-amalan yang baik agar dosa yang diperbuatnya gugur, berikut adalah dalilnya.

"Bertakwalah kamu di manapun kamu berada. Bila kamu berbuat kejahatan, segera iringi dengan perbuatan baik, sehingga dosamu terhapus lalu pergauliah manusia dengan akhlak yang baik." (HR. Tirmidzi).

BACA JUGA:Tidak Membuat Harta Berkurang, Ini 5 Keutamaan dan Manfaat Sedekah yang Mengagumkan

Tidak sesulit yang kalian pikirkan, meskipun ringan, tapi berikut ini 5 amalan penghapus dosa yang bisa kalian coba.

1. Bersholawat atas Nabi

Amalan satu ini bukan hanya untuk menghapus dosa, tapi juga bisa menggandakan pahala dan memiliki banyak keutamaan lainnya.

Sholawat nabi bisa dijadikan amalan penghapus dosa, seperti yang tertuang dfalam dalil berikut ini.

“Barangsiapa yang bershalawat atasku satu shalawat maka niscaya Allah bershalawat atasna sepuluh shalawat, dihapuskan 10 disa dan diangkat untuknya 10 tingkatan.” (HR An Nasai dan disahihkan oleh Al-Albani Shahih Al-Jami’,no 6359).

BACA JUGA:Lirik Sholawat Fatih Lengkap dan Keutamaannya, Bacaan Wajib Pemain Timnas Maroko

2. Sholat tepat waktu

Hal ini bukanlah suatu amalan tapi sebuah keharusan. Wajib hukumnya bagi setiap Muslim unutk memenuhi panggilan adzan tepat waktu kecuali untuk wanita yang sedang haid. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: