Indonesia Kembali Kirim Bantuan untuk Turki dan Suriah, Jokowi: Semoga Bisa Membantu Saudara Kita Disana

Indonesia Kembali Kirim Bantuan untuk Turki dan Suriah, Jokowi: Semoga Bisa Membantu Saudara Kita Disana

Presiden Joko Widodo melepas pengiriman bantuan kemanusiaan tahap ketiga untuk korban bencana gempa bumi di Turki dan Suriah.-BNPB-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk meringankan beban warga Turki dan Suriah setelah diguncang gempabumi M7.8 pada 6 Februari 2023.

Bantuan tahap ketiga itu dilepas secara simbolis oleh Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Menko PMK, Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, Wakil Menteri Kesehatan, dan Kepala Basarnas dari BaseOps Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa 21 Februari 2023.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Ajak Ulama dan Tokoh Masyarakat Kota Banjar Jaga Kondusivitas di Tahun Politik.

Bantuan tahap ketiga yang dilepas untuk Pemerintah Turki berupa 20 jenis paket logistik dan peralatan dengan total mencapai 140 ton.

Bantuan tersebut, dibawa ke dua negara tersebut dengan menggunakan empat pesawat yang diberangkat pada Selasa 21 Februari 2023.

“Bahan yang sangat diperlukan di sana, dikirim dengan empat pesawat pada pagi ini,” ujar Presiden Jokowi melalui keterangan persnya.

BACA JUGA:Puluhan Pekerja Asal Cirebon Terlantar di Lampung

Bantuan kemanusiaan lainnya yang telah diberikan kepada dua negara tersebut di antaranya mengirimkan tim pencarian dan pertolongan (search and rescue/SAR), tim medis, mengirimkan pesawat hercules, dan mengirimkan rumah sakit (RS) lapangan pada masing-masing negara di atas.

“Sangat membantu di awal-awal melakukan evakuasi pada korban-korban yang terkena dampak bencana alam,” jelas Jokowi.

Atas bantuan kemanusian yang telah dikirimkan oleh pemerintah Indonesia, diharapkan mampu memberikan bantuan yang signifikan terhadap penanganan bencana alam gempa yang terjadi pada kedua negara.

BACA JUGA:Heboh! Cristiano Ronaldo Jadi Warga Muhammadiyah

“Apa yang kita kirimkan ini nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di sana,” imbuh Presiden.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia sudah mengirimkan bantuan tahap, berupa tim Middle Urban Search and Rescue (MUSAR) berjumlah 47 personel dan tim pendamping dari BNPB dan Kemenlu sebanyak 15 orang, sehingga total keseluruhan adalah 62 orang.

Selain tim MUSAR, pada tahap pertama juga dikirimkan bantuan logistik sebanyak 5 ton.

Kemudian untuk tahap kedua, Pemerintah Indonesia telah mengirimkan tim Emergency Medical Team (EMT) sebanyak 119 personel.

BACA JUGA:Kang Hero Minta Harus Ada Regulasi Investasi yang Berpihak ke Rakyat

Selain tim darurat kesehatan, pada tahap kedua juga dikirimkan obat-obatan, alat kesehatan darurat lapangan beserta perlengkapan rumah sakit lapangan.

“Sebelumnya juga telah kita kirim tim SAR dan tim medis serta rumah sakit lapangan plus pesawat hercules yang sangat membantu pada awal-awal evakuasi korban-korban bencana gempa yang terjadi di Turki maupun yang di Suriah,” ungkap Presiden.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi berharap dengan dukungan yang dikirimkan tersebut nantinya dapat meringankan beban bagi warga Turki dan Suriah yang terdampak gempa bumi.

BACA JUGA:Lagi, Polresta Cirebon Terima Penghargaan dari KemenPAN-RB RI

“Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang di sana,” lanjut Jokowi.

Adapun rinciannya meliputi selimut hangat 5.000 lembar, selimut hangat silikon elyaf 5.000 lembar, tenda pengungsi ukuran 6x12 sebanyak 27 set.

Tenda keluarga PVC ukuran 4x4 sebanyak 100 set, tenda PVC ukuran 3,5x4 sebanyak 200 set, tenda keluarga PVC tegak sebanyak 50 set, tenda keluarga PVC miring sebanyak 50 set dan tenda ukuran 4x6 sebanyak 100 set.

BACA JUGA:DAM Ajak Komunitas CRF Bandung dan CB150X Depok Raya Kunjungi IIMS 2023

Kemudian, paket makanan siap saji sebanyak 15 ribu paket, sleeping bag 1.000 set, genset 2KVA 1.000 unit, velved aluminium 150 set, hygiene kit 1.000 paket.

Sweater anak 2.000 potong, sweater dewasa 2.000 potong, matras 1.000 lembar, kain kafan 1.500 lembar, jaket anak 1.200 potong, jaket dewasa 1.200 potong dan rendang daging masing-masing 1 kilogram sebanyak 750 paket.

Selanjutnya paket logistik dan peralatan untuk Suriah adalah selimut hangat 5.000 lembar, tenda pengungsi ukuran 6x12 sebanyak 5 set.

BACA JUGA:Besok, 22 Rabu Februari 2023 BPNU Tetapkan 1 Syaban 1444 H

Makanan siap saji 8.000 paket, sleeping bag 3.240 set, gense 2KVA sebanyak 250 set, velbed aluminium 400 set, dan hygiene kit 1.000 paket.

Kemudian, sweater anak 5.000 potong, sweater dewasa 5.000 potong, matras 3.000 lembar, kain kafan 4.300 lembar, jaket anak 5.000 potong, jaket dewasa 5.000 potong dan rendang daging masing-masing 1 kilogram sebanyak 500 paket.

Seluruh bantuan itu diangkut menggunakan empat pesawat berbadan lebar milik maskapai Garuda Indonesia jenis Airbus A330-300. Dua pesawat akan terbang ke Turki dan dua lainnya langsung ke Suriah. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase