Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Turun Langsung Bebaskan Pilot Susi Air di Papua

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Turun Langsung Bebaskan Pilot Susi Air di Papua

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Foto: -Ricardo-JPNN.com

TIMIKA, RADARCIREBON.COM – Pimpin evaluasi pencarian dan penyelamatan pilot Susi Air, Philip Merthens, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono langsung bertolak ke Papua.

Evaluasi yang berlangsung pada Senin 17 April 2023 sore hari, diikuti oleh Pangkogabwilhan III, Pangdam XVII/Cendrawasih, Komandan Koopsus TNI, Pangkoarmada III, dan Danrem 173, Danrem 174, Dansatgas BIN, Ketua Satgas Damai Cartenz Polri, Dansatgas Candraca, Asops Koopsud III, Dansatgas BAIS, Komandan Satuan Brimob Polri, dan Ketua Satgas Elang BIN.

BACA JUGA:PWI Kota Cirebon Gelar Bukber Sambil Meluncurkan Buku

Panglima TNI, sebagaimana siaran pers Pusat Penerangan TNI, tiba di Bandara Moses Kilangin Timika, pada Senin sore hari.

Mantan KSAL itu bersama rombongan langsung menuju ruang transit di Lanud Yulius Kapiyau, Timika, Papua.

Kemudian, Panglima TNI mendengar rencana taktik (TFG) dari Danrem 172/PWJ Brigjen TNI J.O. Sembiring.

BACA JUGA:LPM Karya Mulya Kota Cirebon Berikan Santunan kepada 23 Anak Yatim

Selepas mendengar paparan tactical floor game (TFG) dari Brigjen Sembiring, Panglima pun memberi arahan dan instruksi-instruksi kepada jajarannya terkait operasi pencarian dan penyelamatan pilot Susi Air.

Satu prajurit TNI AD dari Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 321/Galuh Taruna, Pratu Miftahul Arifin, gugur minggu lalu saat bertugas dalam operasi pencarian dan penyelamatan pilot Susi Air di Nduga.

Pratu Arifin gugur saat dia bersama rombongan diserang oleh KKB sehingga prajurit Yonif Raider itu jatuh ke jurang sedalam 15 meter.

BACA JUGA:Suyatmi Alwita: Politik Itu Tidak Selalu Soal Kekuasaan

"Ketika mencoba untuk menolong, mendapatkan serangan ulang. Kondisi lainnya masih dalam tahap pendalaman," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu 16 April 2023..

Di sesi jumpa pers yang sama, Julius menyampaikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan pencarian dan memberikan bantuan maksimal untuk prajurit di Nduga, Papua.

BACA JUGA:Pengelola Objek Wisata Waduk Darma Kuningan Beralih ke PT Jaswita Jabar

"Panglima TNI Yudo Margono secara terus menerus memerintahkan untuk melakukan pencarian dan bantuan tempur dengan kekuatan maksimal (terkait dengan insiden penembakan prajurit TNI oleh KKB di Mugi-Man, Nduga)," kata Laksda Julius.

Philip Merthens adalah pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru itu disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) sejak Februari 2023 dan sampai sekarang belum bebas. (jun/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: