Syekh Panji Gumilang Meng-endorse Israel? Simak Baik-Baik Isi Ceramahnya

Syekh Panji Gumilang Meng-endorse Israel? Simak Baik-Baik Isi Ceramahnya

Syekh Panji Gumilang yang merupakan pimpinan Mahad Al Zaytun terus mendapatkan sorotan.-Al Zaytun Official/Ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Syekh Panji Gumilang, pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu Jawa Barat, dituding sedang meng-endorse Israel

Hal tersebut ditulis seorang nitizen ketika mengunggah potongan video khutbah Panji ketika menjadi khatib Idul Fitri di Masjid Mahad Al Zaytun.

Dalam video tersebut Panji Gumilang memang bicara banyak soal Nabi Ibrahim, isteri-isterinya dan juga Israel. Wajar jika ada yang bertanya bahwa Panji Gumilang sedang mengendorse Israel.

Seperti Facebookers Jingga Pappul. Dalam unggahan ceramah Panji Gumilang itu ditambahi pertanyaan: “ceramah Idul Fitri Syeh Panji, endoresment Israel?” 

BACA JUGA:Mantan Anggota Dewan PDIP Maju Melalui PBB, PBB Daftar Tanggal 13 Jam 13 Menit 13

Belum jelas apa yang dimaksud caption itu. Tapi yang jelas dalam vedio yang sudah dipotong-potong itu Panji Gumilang memang banyak membahas Israel. 

Sebaiknya disimak terlebih dahulu pengertian endorse. Supaya kita tidak gagal paham menangkap maksud ceramah Panji Gumilang itu sebagai endorse atau bukan.

Dalam The Economic Times, endorse atau endorsement adalah bentuk periklanan dengan menggunakan tokoh terkenal yang disukai, dipercaya, dan mendapat rasa hormat dari orang-orang.

Tokoh atau selebritas yang terpilih menjadi endorser bertanggung jawab untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu.

BACA JUGA:Sandera 4 Orang, KKB Minta Uang Tebusan Rp500 Juta

Jika disimak dari pengertian endorse di atas, apa yang ditanyakan nitizen itu mendekati kebenaran. Sepertinya Panji Gumilang memang, sengaja atau tidak sengaja, sedang meng-endorse Israel.

Seperti diketahui, Panji Gumilang tokoh terkenal. Memenuhi syarat untuk menjadi endoser. Ceramahnya bisa dibilang seperti sedang “mengiklankan” Israel. Walau entah dia bertanggung jawab atau tidak terhadap apa yang dia kemukakan itu.

Seperti diketahui, cermah Panji Gumilang yang heboh itu diunggah oleh akun Facebook Jingga Pappul pada tanggal 24 April 2023. Dalam unggahan vedio yang berdurasi 8 menit 58 detik itu mengambil dari konten TikTok Durasi.ID. 

Oleh si pengupload, vedio itu diberi keterangan sebagai berikut: Ini ringkasan ceramah Idul Fitri Pimpinan Ponpes Al Zaitun Panji Gumilang di Masjid Ma’had Ponpes Al Zaitun Indramayu Jawa Barat yang diposting oleh kepanitiaan Al Zaytun, Sabtu 22-4-2023. Di mana akun bio ini adalah akun resmi Ponpes Al Zaitun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: