Beasiswa Bank Indonesia untuk Mahasiswa PTN dan PTS, Cek Syarat dan Ketentuannya

Beasiswa Bank Indonesia untuk Mahasiswa PTN dan PTS, Cek Syarat dan Ketentuannya

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon, Hestu Wibowo saat sedang melakukan seleksi penerima Beasiswa Bank Indonesia. Foto:-KPW BI CIREBON FOR RADAR CIREBON-

Masing-masing perguruan tinggi dengan skema reguler diberikan kuota penerima beasiswa sebanyak 50 mahasiswa setiap semester.

Di tahun 2015, Beasiswa Bank Indonesia pun memperluas kesempatan pemberian beasiswa untuk sekolah vokasi atau SMK dengan maksimal penerima setiap sekolah yakni 30 siswa per semester.

BACA JUGA:Ponpes Al Zaytun Bikin Kapal 600 Gross Ton, Kok Bisa? Syekh Panji Gumilang: Nabi Nuh Itu Sekolah di Mana?

"Di Cirebon ada 4 PTS , 1 PTN, dan 1 sekolah vokasi yang sudah bekerjasama untuk menerima program beasiswa ini, yakni Universitas Wiralodra Indramayu, Universitas Majalengka, Universitas Kuningan, IAI Bunga Bangsa Cirebon, IAIN Syekh Nurjati, dan SMK Ulil Albab," jabarnya.

Syarat untuk menerima Beasiswa Bank Indonesia ini antara lain merupakan siswa atau mahasiswa berprestasi, dengan batas mininal IPK 3,0 untuk PTN dan 3,25 untuk PTS.

Di samping itu, diutamakan berasal dari keluarga tidak mampu.

Beasiswa tersebut maksimal diterima sebanyak 4 semester oleh penerima beasiswa dengan dilakukan evaluasi di tahap pertama.

"Beberapa ketentuan tambahan persyaratan beasiswa di masing-masing sekolah atau Perguruan Tinggi akan berbeda disesuaikan dengan kebijakan masing-masing sekolah atau perguruan tinggi tersebut," terangnya.

Sementara itu, Hestu juga menjelaskan penerima Beasiswa Bank Indonesia bukan sekadar menerima bantuan finansial namun juga ada tugas dan program yang akan mereka jalankan dalam rangka pengembangan mahasiswa yang dibentuk dalam Generasi Baru Bank Indonesia (GenBI).

GenBI merupakan komunitas penerima Beasiswa Bank Indonesa, diharapkan mereka membentuk organisasi yang menjalankan program selama satu tahun untuk meningkatkan kapasitas leadership.

Hal ini diharapkan dapat mempersiapkan mereka menjadi SDM Unggul investasi bangsa yang berdaya saing

"Dengan hadirnya GenBI, kami lakukan juga sosialisasi, pendampingan, dan pembinaan dengan harapan mereka bisa lulus dengan nilai plus dan berbeda dari penerima beasiswa lain," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: