Disebut Yahudi, Ini 3 Salam Khas Syekh Panji Gumilang di Mahad Al Zaytun

Disebut Yahudi, Ini 3 Salam Khas Syekh Panji Gumilang di Mahad Al Zaytun

Salam khas Syekh Panji Gumilang yang kerap disebut salam ala Yahudi.-Mahad Al Zaytun-radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - 3 salam khas yang kerap diucapkan oleh Syekh Panji Gumilang pada sejumlah kesempatan, termasuk di acara resmi yang ada di Mahad Al Zaytun.

Dari 3 salam yang kerap diungkapkan Syekh Panji Gumilang adalah Havenu Shalom Aleichem dan belakangan ini kerap diidentikan dengan salam Yahudi.

Kemudian, Syekh Panji Gumilang juga kerap mengungkapkan salam yang lebih Nusantara yakni Rahayu Ingkang Pinanggih. Biasanya rangkaian salam itu, diucapkan dalam pembuka pidato atau sambutan.

Dari semua rangkaian salam itu, Havenu Shalom Aleichem menjadi yang paling viral di media sosial, terutama karena potongan video yang tersebat.

BACA JUGA:ALAMAK! Dahlan Iskan Bocorkan Pertanyaan yang Enggan Dijawab Panji Gumilang, Paling Sensitif?

Misalnya pada salah satu potongan video yang menampilkan kehadiran dari Lucky Hakim yang ketika itu masih menjadi wakil bupati Indramayu.

Berikut adalah beberapa salam khas dari Syekh Panji Gumilang yang kerap diucapkan:

1. Havenu Shalom Aleichem

Havenu Shalom Aleichem merupakan Bahasa Ibrani yang mempunyai arti Semoga Damai Menyertaimu. Secara konteks memiliki arti yang sama dengan ucapan salam Assalamualaikum.

"Saya mengajak saudara-saudara untuk mengucapkan salam yang tidak Assalamualikum saja. Sambil kita bernyanyi. Kita ucapkan kepada sahabat kita havenu shalom aleichem," kata Syekh Al Zaitun.

BACA JUGA:H Faisal Kesal Banyak Wartawan, Rebecca Klopper Sampai Diusir dari Rumah Fadly?

Dikutip dari berbagai sumber, Havenu Shalom Aleichem sebenarnya Bahasa Ibrani. Artinya sama dengan Assalamualaikum.

Syekh Panji Gumilang sendiri, dikenal dengan beragam ucapan salam untuk membumikan tagline dari Al Zaytun itu sendiri yakni Hidup Bersama.

Misalnya saat Wisuda IAI Al Azis. Syekh Al Zaytun membuka dengan Assalamualaikum, dilanjutkan dengan Rahayu Ingkang Pinanggih yang artinya semoga semua diberkati. Kemudian Havenu Shalom Alichem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: