Syekh Al Zaytun Panji Gumilang Sulit Ditemui, Siapa yang Bilang? Dia Ini Sesepuh

Syekh Al Zaytun Panji Gumilang Sulit Ditemui, Siapa yang Bilang? Dia Ini Sesepuh

Syekh Panji Gumilang pemimpin Mahad Al Zaytun.-Mahad Al Zaytun-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Jika ada kata Syekh atau Syaykh, dalam bayangan masyarakat umum itu menggabarkan sosok yang selalu menyendiri dan sulit ditemui. 

Tapi bagaimana dengan Syekh Mahad Al Zaytun Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang? Apakah dia merupakan sosok yang tertutup, suka menyendiri dan sulit ditemui?

Ada ulasan menarik dari civitas dan sekaligus penggiat media sosial Mahad Al Zaytun, Latief WeHa. Dalam tulisannya yang berjudul “Syaykh Al-Zaytun” dia mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Dalam unggahannya di media sosial di mengungkapkan jika dalaam kamus bahasa Arab - Indonesia, ada pengertian khusus tentang kata Syekh.

BACA JUGA:TPAS Kubangdeleg Karangwareng Sudah Rampung Dibangun, Tapi Belum Beroperasi, Kenapa Ya?

Menurutnya, Syaykh (Syekh, Shaikh, Sheik, Syekh, Shaykh atau Sheikh) merupakan sebuah kata dari bahasa Arab yang bermakna "sesepuh". Atau sosok yang dituakan. 

Jadi, katanya, sebutan Syekh itu tidaklah mesti merujuk kepada sebuah gelar tertentu. Terutama gelar yang berasal dari dan untuk bangsa Arab atau keturunannya.

Dijelaskannya, tak perlu merasa aneh jika Mahad Al Zaytun Indramayu Jawa Barat, sebuah lembaga pendidikan, dipimpin oleh seorang syekh.

Hal yang biasa saja, katanya, mahad berspirit pesantren namun dikelola secara modern ini, ada sosok dengan sebutan syech di sana. Yakni Syech Al Zaytun, Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang.

BACA JUGA:Pelaku Pengeroyokan dan Perusakan di Jalur Gronggong Ditangkap Satreskrim Polresta Cirebon

“Karena, beliau adalah ‘sesepuh’ atau yang dituakan di Al Zaytun. Beliau adalah penggagas dan pendiri Al Zaytun,” ungkapnya.

Memang, dia mengakui, pemahaman mengenai kata "Syech" selalu dikaitkan dengan kultur atau budaya bangsa Arab.

Dia pun maklum jika banyak orang atau para tamu, yang salah sangka dengan sosok Syekh Al Zaytun Panji Gumilang itu.

Dalam bayangan mereka, Panji Gumilang itu adalah sosok syech yang berjenggot putih panjang, mengenakan sorban putih, berbaju gamis dan bertongkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: