Juara 1, Desa Cisantana Wakili Kabupaten Kuningan untuk Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat 2023

Juara 1, Desa Cisantana Wakili Kabupaten Kuningan untuk Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat 2023

Rapat Persiapan Seleksi Administrasi Lomba Posyandu dan Posyandu Award Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, di Ruang Rapat Linggajati, Senin 3 Juli 2023 lalu.-Alehandro Malik-Radar Kuningan

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM – Mendapat predikat sebagai Posyandu terbaik se-Kabupaten Kuningan, Posyandu Dahlia Desa Cisantana bakal melenggang ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Awal Mula Salam Yahudi di Al Zaytun Tahun 2012, Ada Hubungan dengan Israel?

“Posyandu Dahlia Desa Cisantana terpilih sebagai Posyandu Terbaik berdasarkan keberhasilan dalam meningkatkan kinerja Posyandu, integrasi dengan Pokja Posyandu Desa/Kelurahan, Pokjanal Posyandu Kecamatan, dan Pokjanal Posyandu Kabupaten.”

“Selain itu, kontribusi dari TP PKK Kabupaten Kuningan, SKPD, Perguruan Tinggi, Lembaga Sosial Kemasyarakatan, dan dunia usaha juga turut mendukung perkembangan posyandu tersebut,” ungkap Sekda Kuningan, Dr H Dian Rachmat Yanuar, MSi, Senin 3 Juli 2023 lalu.

BACA JUGA:Pemasangan PJU di Ruas Jalan Gegesik-Kaliwedi Tidak Full, Masyarakat Mengeluh

Sekda Dian juga menyampaikan bahwa posyandu di Kabupaten Kuningan telah mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Jumlah Posyandu Mandiri meningkat dari 344 pada tahun 2019 menjadi 690 pada tahun 2022, dengan presentasi Posyandu Mandiri mencapai 48 persen.

BACA JUGA:Tidak Seperti Biasa, Metode Penyembelihan Hewan Kurban di Al Zaytun Ternyata Berbeda

Hal ini menunjukkan komitmen dan upaya keras dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di masyarakat.

Menurutnya, Posyandu Dahlia Desa Cisantana tidak hanya berhasil sebagai Posyandu Terbaik di tingkat Kabupaten Kuningan, tetapi juga telah mengembangkan inovasi dalam pelayanan posyandu.

Kabupaten Kuningan telah banyak mengembangkan Model Posyandu Maju yang mengintegrasikan layanan sosial dasar dan memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat.

BACA JUGA:Agar Perhitungan Suara di TPS Berjalan Efisien, KPU Wacanakan Sistem Ini..

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Kuningan Drs H Dudi Pahrudin MSi, persiapan dan kriteria yang harus dipenuhi oleh posyandu untuk mengikuti Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Dalam usulan tersebut, Posyandu Dahlia Desa Cisantana telah memenuhi syarat sebagai Juara 1 Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Kuningan, dengan jumlah sasaran tercatat sebanyak 115 orang.

Dudi menyoroti pentingnya kelengkapan administrasi posyandu, kompetensi pengurus posyandu, Pokja Posyandu Desa, Pokjanal Posyandu Kecamatan, serta isu kesehatan, kependudukan, dan KB yang perlu ditangani dengan data dan informasi yang akurat.

BACA JUGA:Banyak Event Internasional, PSSI Membagi Timnas Indonesia Jadi 2

Selain itu, Dudi Pahrudin mengungkapkan bahwa Desa Cisantana dan Kecamatan Cigugur memiliki potensi yang dapat menjadi modal dasar dalam pengembangan inovasi posyandu.

Dan faktor seperti lokasi di dataran tinggi yang sejuk dan menjadi daerah wisata, pertanian sayuran yang berkembang, keberagaman suku dan agama penduduk, serta daerah produksi susu sapi menjadi peluang untuk mengembangkan inovasi dalam pelayanan posyandu.

“Pemerintah Kabupaten Kuningan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah membantu, membina, mendukung, dan berpartisipasi dalam pengembangan posyandu,” katanya.

BACA JUGA:Banyak Prestasi, Anthony Sinisuka Ginting Diangkat Jadi PNS: Terima Kasih

Dengan semangat dan persiapan yang matang, Kepala DPMDes mengatakan, Posyandu Dahlia Desa Cisantana siap berlaga dalam Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Semoga keberhasilan yang telah diraih di tingkat Kabupaten Kuningan dapat menjadi modal untuk meraih prestasi yang lebih gemilang di tingkat provinsi dan menginspirasi posyandu lainnya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. (ale)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase