Kabupaten Cirebon Dibanjiri Investasi Padat Karya, APINDO: Sangat Bermanfaat untuk Masyarakat

Kabupaten Cirebon Dibanjiri Investasi Padat Karya, APINDO: Sangat Bermanfaat untuk Masyarakat

Ketua DPK Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kabupaten Cirebon, Asep Sholeh Fakhrul Insan saat memberikan keterangan pers, Kamis 13 Juli 2023.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Banyaknya perusahaan besar padat karya yang memilih untuk berinvestasi di Kabupaten Cirebon, membuat investasi tahun 2023 ini mengalami perkembangan yang cukup baik. 

BACA JUGA:MPP Kabupaten Cirebon Diresmikan MenpanRB, Bupati Imron: Permudah Masyarakat Akses Pelayanan

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPK Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kabupaten Cirebon, Asep Sholeh Fakhrul Insan kepada wartawan, Kamis 13 Juli 2023.

Menurut Asep, investasi yang paling banyak berkembang sekarang yang datang itu dari perusahaan-perusahaan padat karya yang membutuhkan banyak karyawan seperti pabrik sepatu.

"Industri padat karya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Di mana industri ini memerlukan banyak tenaga kerja atau karyawan."

"Itu sebenarnya sangat bermanfaat buat tenaga kerja kita. Buat adek-adek kita yang lulusan SMA bisa terserap (bekerja di perusahaan tersebut)," ujarnya.

BACA JUGA:Danramil Harjamukti Apresiasi Babinsa Argasunya Ringkus Pelaku Asusila Terhadap Anak

Selain itu, kata dia, minat para investor yang datang ke Kabupaten Cirebon juga tak lepas dari peran serta dukungan dari pemerintah setempat yang menyambut baik. 

Terlebih, nilai upah tenaga kerja atau UMK di daerah ini relatif jauh lebih rendah dari kota-kota besar seperti Karawang hingga Jakarta. 

"Kondisi investasi di Kabupaten Cirebon bagus. Banyak perusahaan berlomba-lomba datang ke Kabupaten Cirebon. Karena UMK kita masih tergolong menurut mereka (investor) jauh daripada di kota besar," katanya.

Meski demikian, menurut Asep, masih diperlukan adanya penyesuaian antara industri dan masyarakat lokal, serta pemerintah daerah. 

BACA JUGA:Bareskrim Polri Kirim SPDP, Panji Gumilang Bakal Ditangani Kejagung

Sebab, hadirnya industri padat karya besar masih terbilang baru di Kabupaten Cirebon. 

"Sehingga mereka juga masih bingung, saya mau nyiapin apa nih agar bisa bekerja disana. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase