Bareskrim Polri Kirim SPDP, Panji Gumilang Bakal Ditangani Kejagung

Bareskrim Polri Kirim SPDP, Panji Gumilang Bakal Ditangani Kejagung

Kejaksaan Agung RI-kejagung.go.id-kejagung.go.id

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Kasus dugaan penistaan agama pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang bakal ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung).

BACA JUGA:Resmi! Pucuk Pimpinan Polres Cirebon Kota Berganti, AKBP Ariek Jadi Kapolres Subang

Pasalnya, Kejagung telah menerima Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari Bareskrim Polri.

"Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (JAM Pidum) Kejaksaan Agung telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara RI (Bareskrim Polri) atas nama terlapor ARPG alias SPG alias PG alias AT, yang diterbitkan oleh Penyidik Dittipidum Bareskrim Polri pada 5 Juli 2023," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Ketut Sumedana, Kamis 13 Juli 2023.

BACA JUGA:Panji Gumilang Kembali Diperiksa, Karo Penmas Divisi Humas Polri Jelaskan Tahapannya

Adapun SPDP itu terkait dugaan tindak pidana penodaan atau penistaan agama yang dianut di Indonesia dan atau menyiarkan berita bohong yang menimbulkan keonaran dan atau dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

BACA JUGA:TMMD Kodim Kuningan Diwarnai Operasi Pasar Murah

Hal itu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 156a KUHP dan/atau Pasal 14 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 45A ayat (2) jo. Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

BACA JUGA:Al Zaytun Dilanda Krisis Keuangan? Rekening Diblokir PPATK, Pengeluaran per Bulan Rp 10 Miliar

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah melakukan gelar perkara dalam kasus tindak pidana penistaan agama Panji Gumilang. 

Hasil gelar perkara tersebut, Bareskrim telah menaikkan status perkara penistaan agama Pondok Pesantren Al-Zaytun dengan terlapor Panji Gumilang dari penyelidikan menjadi penyidikan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase