Kaliandra Merah, Kayu Terbaik sebagai Bahan Baku Wood Pellet, Apa Alasannya?

Kaliandra Merah, Kayu Terbaik sebagai Bahan Baku Wood Pellet, Apa Alasannya?

Kayu kaliandra merah adalah yang terbaik untuk wood pellet. -Ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Ternyata, harus diakui jika kayu Kaliandra Merah merupakan bahan baku terbaik untuk membuat wood pellet.

Lalu, selain Kaliandra Merah, apakah semua bahan sisa kayu atau tumbuhan itu bisa dijadikan bahan baku wood pellet atau pelet kayu?

Untuk menjawab ini memang tidak mudah. Tetapi pada prinsipnya hampir semua sisa tumbuhan atau kayu yang sudah menjadi serbuk, bisa dijadian bahan baku wood pellet.

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan wood pellet. Selain prosesnya juga hasil keluarannya.

BACA JUGA:Wood Pellet Kucing, Gunanya untuk Apa? Ternyata Bisa Buat Si Meong Jadi Begini

Tidak semua sisa tumbuhan bisa diproses dengan baik. Mungkin bisa tapi harus juga susah payah untuk mengolahnya.

Ada yang gampang diolah, tapi hasilnya tidak maksimal. Misalnya kalorinya terlalu rendah sehingga kurang mendukung untuk kebutuhan energi.

Mungkin bahan bakunya bagus dan kalorinya tinggi. Tapi resikonya tinggi pula: Atau mungkin susah memproduksinya. Sehingga tidak seimbang antara biaya dengan hasilnya.

Perlu dipahami, pelet kayu adalah satu dari beberapa inovasi alam energi terbarukan yang ada. Sebagai salah satu macam bahan bakar alternatif, inovasi ini dinilai ramah lingkungan sehingga banyak diminati.

BACA JUGA:Wood Pellet, Sumber Energi yang Murah, Ramah Lingkungan dan Banyak Manfaat, Bisa Dipakai PLTU hingga UMKM

Wujudnya menyerupai briket kayu, tetapi memiliki ukuran dan bahan perekat yang berbeda. Bahan bakunya sendiri merupakan hasil olahan kayu bulat atau limbah kayu yang dijadikan serbuk, kemudian dipadatkan.

Limbah kayu memang banyak dihasilkan oleh industri sehingga sangat sayang apabila dibuang begitu saja. Daripada mengganggu ekosistem, akan lebih baik kalau dijadikan energi terbarukan, seperti wood pellet.

Wood pellet dinilai menjanjikan, apalagi bisa diekspor ke luar negeri maupun pasar dalam  negeri. Namun, perlu diketahui pembuatannya memerlukan jenis kayu tertentu, seperti kaliandra merah, sengon, petai cina, dan mahoni.

Dari semua kayu, harus diakui jenis kayu terbaik sebagai bahan dalam membuat wood pellet adalah kaliandra merah. Pohon yang biasa difungsikan sebagai tanaman penutup tanah sedang ini memiliki pH-5 dan kandungan airnya sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: