300 Personel Polisi Diterjunkan Amankan Massa Saat Simulasi Pengamanan Pileg dan Pilpres 2024

300 Personel Polisi Diterjunkan Amankan Massa Saat Simulasi Pengamanan Pileg dan Pilpres 2024

Polres Cirebon Kota (Ciko) melakukan simulasi pengamanan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres), Senin 11 September 2023.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Jelang Pemilu dan Pilpres 2024 mendatang, Polres Cirebon Kota (Ciko) mematangkan persiapan pengamanan yakni dengan melakukan simulasi pengamanan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres).

Simulasi tersebut berlangsung di depan Balaikota Cirebon dan DPRD Kota Cirebon, Jl Siliwangi, Kota Cirebon, Senin siang 11 September 2023. Simulasi tersebut melibatkan 300 lebih personel Polres Cirebon Kota.

Pantauan radarcirebon.com, berbagai adegan dipragakan dalam simulasi tersebut, mulai dari dua calon presiden dari partai berbeda melakukan kampanye, kemudian massa kedua calon presiden terlibat kericuhan, calon presiden lalu dievakuasi, dan terakhir disimulasikan terjadinya aksi anarkis dari masaa dan polisi berhasil mengatasi aksi massa yang anarkis.

Selain kendaraan water cannon dikerahkan untuk membubarkan massa, dalam simulasi tersebut juga disimulasikan polisi menembakan gas air mata kelas perusuh.

BACA JUGA:Citilink, AirAsia dan Super Air Jet Siap Layani Penerbangan Domestik di Bandara Kertajati 29 Oktober

BACA JUGA:Rezeki Nomplok, Avanza Harga Rp9 Ribu Dibeli Endang Nurdin Pemuda Tasikmalaya di Flash Sale Shopee Live

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Rano Hadiyanto mengatakan,  Polres Cirebon Kota memang melakukan simulasi atau pelatihan penanganan unjuk rasa untuk melihat kesiapan anggotanya.

"Tujuannya, salah satunya untuk mempersiapkan pengamanan pada Pemilu dan Pilpres 2024, diharapkan nantinya pengamanan Pemilu dan Pilpres 2024 bisa berjalan sesuai standar operasional prosedur (SOP)," katanya.

AKBP M Rano menyebutkan, dalam simulasi ini ada beberapa tahapan yang dilakukan. Yaitu kode hijau yakni dalam keadaan normal, dan kode kuning di mana aksi unjuk rasa mulai terlihat ricuh.

"Pelaksanaan simulasi ini sudah dari Minggu lalu yang dilakukan selama tiga hari di Mapolres Cirebon Kota. Dan hari ini 11 September 2023 serta besok 12 September 2023 kami lakukan praktek simulasi di lapangan.”

BACA JUGA:Waspada Uang Mutilasi, Apa Itu? Begini Penjelasan BI

BACA JUGA:Tidak Jauh Berbeda dengan Bank Lainnya, Inilah Syarat dan Simulasi KUR BCA

“Untuk jumlah personel yang dilibatkan dalam simulasi ini sebanyak 300 orang lebih, termasuk juga yang membackup adalah personel TNI," sebutnya.

Kapolres Ciko berharap simulasi ini bisa berjalan dengan lancar agar penanganan pengamanan Pemilu pun berjalan lancar. (rdh)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase