Rencana Jalan Tol Tasikmalaya - Kuningan, Ternyata Sudah Dirintis Prabu Siliwangi

Rencana Jalan Tol Tasikmalaya - Kuningan, Ternyata Sudah Dirintis Prabu Siliwangi

Prabu Siliwangi pernah menginisiasi perkerasan jalan, mirip dengan jalan tol dari Tasikmalaya ke Kuningan.-Istimewa/Diolah-radarcirebon.com

BACA JUGA:Terungkap, Banyak Suporter Persita Dipulangkan dari Bandung Sebelum Duel Lawan Persib

Keberadaan Pajajaran juga didukung dengan 6 pelabuhan utama yang menjadi pusat ekonomi.

Bukti-bukti keberadaan Pakuan Pajajaran sendiri, dituliskan para penjelajah Belanda yakni, Scipio 1687, Adolf Winkler 1690, Abraham van Rieebeck tahun 1703, 1704 dan 1709. 

Belakangan ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan pemerintah pusat bakal membahas rencana jalan tol yang menghubungkan Tasikmalaya - Kuningan.

Rencana pembangunan jalan tol tersebut sebagai bagian dari pengembangan Jawa Barat Selatan. Termasuk kebijakan hilirisasi di kawasan tersebut.

BACA JUGA:Hari Batik Nasional, Pj. Gubernur Jabar Bey Machmudin Hadiri Istana Berbatik

Untuk membangun Jawa Barat Selatan, tidak bisa hanya mengandalkan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci).

Ternyata, pengembangan Jawa Barat Selatan, juga mencakup rencana pembangunan Tol Tasikmalaya-Kuningan. Jalur itu, nanti juga bisa menjadi penghubung jalan tol di utara dan di selatan Jabar.

Pertanyaannya, rencana pembangunan Jalan Tol Tasikmalaya - Kuningan itu melaui rute mana? Sebab, kedua daerah itu memiliki kontur dataran tinggi, yang relatif sulit untuk pembangunan jalan tol.

Jika melalui jalur yang sudah ada, setidaknya ada 3 rute yang bisa menjadi alternatif pembangunan Jalan Tol Tasikmalaya-Kuningan.

BACA JUGA:BPBD Jabar Intens Koordinasi - BPBD Sukabumi Saat Terjadi Gempa Bumi di Sukabumi Berkekuatan 5,4 Magnitudo

Ketiga alternatif tersebut mengacu kepada dua alasan. Pertama, jarak terdekat dan paling relatif lebih mudah. Kedua, melalui jalur yang sudah menjadi jalan penghubung kedua daerah tersebut.

Jika dua alasan tersebut yang menjadi dasar pertimbangan, maka ketiga alternatif jalur itu yang layak untuk dibangun Jalan Tol Tasikmalaya - Kuningan.

Alternatif pertama, jalur Tasikmalaya, Ciamis, Majalengka dan Kuningan via Kawali dan Panawangan. Jalur ini sekarang mejadi jalan utama yang menghubungkan Tasikmalaya dan Kuningan.

Kondisi jalan ini merupakan kontor pegunungan, walaupun tidak terlalu tinggi, berkelok dan relatif jauh. Tetapi jalur ini melalui beberapa tempat yang relatif ramai penduduknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: