KPK Bakal Umumkan Laporan Harta Kekayaan Ketiga Pasang Capres dan Cawapres 2024

KPK Bakal Umumkan Laporan Harta Kekayaan Ketiga Pasang Capres dan Cawapres 2024

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)-Ist-RADARCIREBON.COM

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Usai pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kini giliran tugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera mengumumkan laporan harta kekayaan dari ketiga pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Republik Indonesia 2024-2029.

"Saat ini, KPK sedang berkoordinasi dengan KPU terkait rencana KPU untuk mengumumkan harta kekayaan bakal capres dan cawapres tersebut," kata Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis 26 Oktober 2023.

BACA JUGA:Mengenal Penyakit Monkeypox yang Menjangkit 14 Orang di Indonesia

Menurut Pahala, setelah KPU mengumumkan laporan tersebut, KPK akan mengunggah data kekayaan capres dan cawapres pada situs e-LHKPN KPK. https://elhkpn.kpk.go.id

"Masyarakat dapat mengakses data tersebut melalui fitur e-announcement LHKPN," ujarnya.

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, setiap calon harus menyerahkan surat tanda terima atau bukti penyampaian laporan harta kekayaan pribadi dari KPK.

Sesuai Pasal 21 ayat (4) Per KPU tersebut, KPU akan mengumumkan nilai kekayaan calon sebagaimana tertuang dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara setelah penetapan pasangan calon.

BACA JUGA:DKPP RI Jatuhkan Sanksi Peringatan Keras Kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari, Apa Penyebabnya?

Ada tiga pasangan yang telah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) untuk menghadapi kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Setelah mendaftar di KPU, ketiga bakal pasangan capres dan cawapres harus menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. 

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar telah menjalani pemeriksaan pada Sabtu 21 Oktober 2023 serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Minggu 22 Oktober 2023.

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran hari ini telah menjalani pemeriksaan kesehatan.

BACA JUGA:Rest Area Tol Cisumdawu Km Berapa, Dekat Jembatan Kedondong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase