Kejuaraan Selam Tingkat Nasional Digelar Lanal Cirebon, Ratusan Peserta Start dari Dermaga Niaga 1

Kejuaraan Selam Tingkat Nasional Digelar Lanal Cirebon, Ratusan Peserta Start dari Dermaga Niaga 1

Ratusan penyelam mengikuti kejuaraan Selam nomor laut antar klub Se-Indonesia di Dermaga Niaga 1 Pelabuhan Cirebon, Jumat (12/1/2024). Foto:-Dedi Haryadi-Radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Ratusan penyelam mengikuti kejuaraan selam nomor laut antar klub se-Indonesia di Dermaga Niaga 1 Pelabuhan Cirebon, Jumat (12/1/2024).

Kejuaraan selam nomor laut tersebut digelar Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon bersama Pengkab Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) dalam rangka hari Dharma Samudra tahun 2024.

Kejuaraan Selam ini berlangsung mulai Jumat (12/1/2025) hingga Minggu (14/1/2024) di Pelabuhan Cirebon dan kolam renang Catherine Surya, Kawasan Olahraga Bima Kota Cirebon untuk nomor kolam. 

"Kejuaraan Selam nomor laut tingkat nasional ini baru pertama kali digelar Lanal Cirebon. Jumlah peserta yang ikut sebanyak 755 atlet. Jadi kejuaraan ini bukan mewakili provinsi, tapi mewakili klubnya masing-masing se-Indonesia mulai dari Sumatera hingga Papua," ungkap Komandan Lanal (Danlanal) Cirebon Letkol Laut (P) Ridwansyah ditemui radarcirebon.com di Pelabuhan Cirebon, Jumat (12/1/2024).

BACA JUGA:Tawuran Antar Remaja Pecah di Indramayu, 1 Orang Tewas, 3 Luka-luka

BACA JUGA:Vindi Faradilah: Edukasi Petani yang Kesulitan Mendapat Pupuk di Cirebon - Indramayu

Disebutkan Danlanal, jumlah atlet selam nomor laut sebanyak 200 peserta. "Pada kejuaraan selam ini mayoritas diikuti para atlet usia dini. Bahkan ada atlet disabilitas berpartisipasi pada event ini,"sebutnya.

Dikatakan Letkol Laut (P) Ridwansya, potensi olahraga air di Cirebon sangat besar.

"Ini dibuktikan pada PON kemarin saja satu-satunya atlet Jawa Barat asal Cirebon meraih medali emas di nomor selam. Jadi diharapkan ini bisa menambah motivasi bagi atlet yang masih untuk berkembang atau usia dini," sebutnya.

Masih kata Danlanal, selanjutnya kerjuaraan yang sama akan digelar memperebutkan piala KASAL.

BACA JUGA:PPATK Temukan Aliran Dana Triliunan ke Rekening Caleg, Dittipideksus Bareskrim Polri Bergerak

"Kemarin saya bertemu dengan para official, mereka mengharapkan ada tambahan satu nomor (kategori) lagi yaitu orientasi bawah air atau penyelaman bawah air. Untuk nomor ini masih kami survei lokasinya," katanya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Walikota Cirebon Drs H Agus Mulyadi mengapresiasi kejuaraan selam tersebut.

"Kami dari Pemkot Cirebon mengapresiasi event yang digelar Lanal Cirebon, POSSI dan Pemkot Cirebon. Di awal tahun ini kita belum bergerak mengadakan event olahraga, tapi Lanal Cirebon sudah bergerak duluan. Kami berharap event ini berkelanjutan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: