Ketahuilah 4 Manfaat Belanja Bagi Kesehatan Mental

Ketahuilah 4 Manfaat Belanja Bagi Kesehatan Mental

Belanja Kesehatan Mental-Foto : www.alodokter.com-radarcirebon.com

BACA JUGA:Program PTSL di Kabupaten Cirebon Targetkan Selesaikan 40ribu Sertifikat

4. Memberikan otak istirahat

Tahukah kamu jika berbelanja dapat memberikan otak istirahat sejenak? Dikutip dari Psychology Today, disebutkan jika aktivitas santai ini relatif dilakukan tanpa berpikir.

Dengan begitu, otak dapat rehat sejenak dan sangat baik untuk menjaga kesehatan mental. Bahkan, saat pekerjaan sedang intens, menjelajahi sedikit belanja online dapat meningkatkan kemampuan untuk fokus dan membuat keputusan baik.

Lalu, kapan berbelanja sudah menjadi suatu masalah?

Tentu saja, kamu perlu memastikan jika belanja tidak menjadi sesuatu yang candu karena dapat menimbulkan masalah besar, terutama untuk keuangan.

Berbelanja bisa bergeser dari terapi menjadi perilaku kompulsif yang menjadi jalan pintas untuk mengatasi kecemasan, stres, dan rasa kehilangan. Tentu hal ini sulit untuk dikendalikan.

Kecanduan belanja memiliki banyak istilah, seperti oniomania, gangguan pembelian kompulsif, dan pembelian patologis.

Kondisi ini memiliki banyak kesamaan dengan gangguan kontrol impuls lainnya, seperti kecanduan seks atau judi, dan bahkan narkoba. Maka dari itu, penting juga untuk membuat batasan agar tidak sampai menjadi candu.

Itulah pembahasan mengenai belanja yang baik untuk kesehatan mental. Kesimpulannya, belanja dapat menimbulkan perasaan senang, terutama membeli barang yang selama ini diinginkan.

Namun, jangan sampai kegiatan ini menjadi candu tersendiri yang berbahaya bagi diri sendiri dan bahkan dapat mengganggu orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: