Gedung Bundar Alun alun Kebumen Cirebon, Revitalisasi Taman Miliaran, BCB Terabaikan

Gedung Bundar Alun alun Kebumen Cirebon, Revitalisasi Taman Miliaran, BCB Terabaikan

Gedung Bundar Alun-alun Kebumen, Kota Cirebon yang kondisinya memperihatikan.-Herawan Effendi-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Gedung Bundar Alun alun Kebumen Kota Cirebon terlihat miris dan tidak terawat. Padahal, di sebelahnya ada proyek revitalisasi taman yang nilainya miliaran.

Padahal, Gedung Bundar Alun alun Kebumen tersebut memiliki sejarah tersendiri dan penting bagi Kota Cirebon. Melansir Kemendikbud, bangunan ini bendiri sekitar tahun 1920-an.

Dulunya, Gedung Bundar Alun alun Kebumen dibangun di atas lahan yang disebut Kebon Praja. Gedung menghadap ke arah timur.

Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, bangunan ini berfungsi sebagai pos jaga, dan pada masa kemerdekaan fungsinya berlaih. 

BACA JUGA:Hari Anak, RSIA Cahaya Bunda Bunda Hibur Pasien anak

Komando Rayon Militer (Korem) 063 Sunan Gunung Jati Cirebon memanfaatkan untuk Kantor Radio den Telegraf dan tahun 1980 fungsinya berubah menjadi rumah tinggal.

Hingga tahun 1990 Korem 063 Sunan Gunung Jati menyerahkan penguasaan gedung kepada pemerintah Daerah Kota Cirebon.

Dari eksteriornya, gedung bundar Alun alun Kebumen Kota Cirebon memang unik. Lantaran berbentuk segi delapan.

Semula pada tujuh dinding terdapat jendela. Dengan demikian gedung ini memiliki 14 jendela.

BACA JUGA:Otopsi Brigadir J Digelar Rabu, Libatkan 7 Dokter Khusus Forensik, Berikut Tahapannya...

Dan sekarang jendela pada lima sisi dinding telah ditutup cenqan tembok dan diplester. Jendela yang tersisa dua ter1etak disisi utara dan dua lagi pada sisi selatan dan kesemuanya dicat hijau.

Atapnya berbentuk kerucut dengan puncak lancip. Pintu masuk ada disebelah timur merupakan lantai dua berdaun krepyak bagian luar.

Sedangkan untuk masuk ke pintu terdapat tangga naik ada disebelah utara dan selatan. Di bawahnya terdapat pintu lantai bawah dan sebagai pengaman dipasang teralis.

Sebagai informasi, Gedung Bundar Alun alun Kebumen Kota Cirebon tercatat sebagai bangunan cagar budaya. Bahkan tercatat di Kemendikbud. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: